news
INFOGRAFIS
INFOGRAFIS Rapor Shin Tae Yong dalam Uji Coba Timnas U-19: 35 Kebobolan dalam 9 Pertandingan
13 September 2020 00:12 WIB
berita
SEMBILAN pertandingan uji coba sudah dilalui oleh Timnas Indonesia U-19 selama ditangani pelatih Shin Tae Yong.

Kali terakhir skuat Garuda Muda tampil dalam International U-19 Friendly Tournament 2020 di Kroasia, 5-11 September 2020.




Baca Juga :
- Kecewa Berat Liga 2 Ditunda Lagi, Muba Babel United Desak PSSI Tegas Berikan Kepastian Jadwal
- Shock Liga 2 Ditunda, Sriwijaya FC Minta PSSI Memberikan Kepastian Liga 2 Digelar atau Dihentikan


Tiga pertandingan sudah mereka lalui, yakni kalah 0-3 dari Bulgaria U-19, 1-7 dari tuan rumah Kroasia U-19, dan terakhir menahan raksasa Asia Arab Saudi U-19 dengan 3-3.

Memang, jika dilihat dari total hasil uji coba keseluruhan sejak Januari 2020, Garuda Muda lebih banyak kalahnya daripada menang atau seri.


Baca Juga :
- Liga 1 2020 Ditunda, Madura United Minta PSSI dan LIB Tegas
- Ketum PSSI M Iriawan Memohon Bisa Gulirkan Liga 1 Bulan November


Tercatat, dari total sembilan uji coba, Irfan Jauhari dan kawan-kawan hanya menorehkan sekali menang dan sekali seri. Sisanya, tujuh kali kalah.

Selisih gol dan kebobolan pun sangat jomplang. Indonesia kebobolan 35 kali dan hanya delapan kali mencetak gol ke gawang lawan.

Data ini juga menunjukkan betapa lemahnya lini belakang Timnas U-19. Jika tidak segera diperbaiki, bisa-bisa Indonesia menjadi lumbung gol.

Baik saat berlaga pada Piala Asia U-19 di Uzbekistan tahun depan, terlebih ketika menghadapi negara-negara sepak bola dunia pada Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Syukurlah, Shin Tae Yong sadar betul kelemahan skuatnya yang harus segera diperbaiki.

"Pada tiga kali uji coba terlihat pertahanan menjadi pekerjaan rumah untuk segera kami poles lebih baik lagi. Stamina pemain juga harus makin ditingkatkan," kata Shin Tae Yong usai laga lawan Arab Saudi U-19, Jumat (11/9/2020).

"Kami harus segera perbaiki kekurangan yang ada. Yang jelas tim masih berproses dengan materi latihan intensitas tinggi," pelatih asal Korea Selatan itu menuturkan pada kesempatan lainnya.

Ya, berproses, itulah yang kini sedang dijalani Timnas U-19 menurut Shin Tae Yong. Kita semua harus bersabat seraya berharap semoga Timnas U-19 berproses ke arah yang lebih baik.

Dan itu sudah mulai terlihat ketika mereka bangkit dari ketertinggalan 0-3 oleh Arab Saudi hingga mampu menyamakan skor 3-3.

Mental tanding meningkat, berani main terbuka, dan pantang menyerah mengejar ketinggalan hingga wasit meniup peluit panjang. Maju terus, Garuda Muda!.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id