news
LIGA 1
Menarik! Seperti di Eropa, Liga 1 Juga Akan Dimeriahkan Chant Suporter, Teriakan Gol, dan Efek Suara lewat Audio
11 September 2020 20:36 WIB
berita
Ilustrasi suporter Persib Bandung memeriahkan stadion -- Media Persib
JAKARTA – Terobosan dilakukan pemegang hak siar Liga 1 2020, PT Surya Citra Media (SCM). Mereka menjanjikan laga berlangsung meriah meski tanpa penonton karena pandemi Covid-19.

PT SCM akan meniru laga-laga di Eropa seperti Liga Italia, Liga Inggris, Liga Champions, dan lain-lain yang tetap meriah dengan suara suporter meski stadion sepi tanpa penonton.




Baca Juga :
- Bocoran Agenda TC Timnas U-16 Indonesia di Sleman, Mulai 6 Desember
- TC Timnas U-16 Indonesia Berakhir, Bima Sakti Lihat Banyak Peningkatan


"Kami akan memasukan audio-audio seperti chant suporter, teriakan saat gol, ekspresi pemain dan pelatih. Kami ingin mewakili perasaan penonton yang menyaksikan pertandingan dari rumah," kata Harsiwi Achmad, Jumat (11/9/2020).

Harsiwi menyampaikan hal tersebut dalam konferensi daring yang juga dihadiri perwakilan PSSI, PT Liga Indonesia Baru, dan berbagai media.


Baca Juga :
- Leeds Masuk Zona Tingkat 3, Bielsa: Kebijakan Pengembalian Penonton ke Stadion Tidak Adil
- Resmi! Bhayangkara FC Ganti nama Menjadi Bhayangkara Solo FC


Ia menyadari pertandingan tidak akan berjalan menarik tanpa sorak sorai penonton. Maka itu, SCM berupaya menghadirkan tayangan semirip mungkin dengan keadaan saat stadion penuh suporter.

"Kami harus melakukan itu meski sulit dan membutuhan usaha yang ekstra. Kalau pertandingan sepi tentu tidak menarik, terasa janggal, dan tidak mewakili hati serta perasaan penonton," Harsiwi menegaskan.

PT SCM  rencananya akan menyiarkan semua pertandingan lanjutan Liga 1 2020 melalui  Indosiar, O Channel, dan Vidio.com.

Rincianya sebanyak 176 pertandingan ditayangkan di Indosiar, 41 pertandingan disiarkan O Channel, dan 289 lainnya ditayangkan secara daring.

"Kami mendukung penuh lanjutan Liga 1 Indonesia 2020. Kami akan berusaha sekreatif dan semaksimal mungkin memberikan tontonan dan hiburan kepada masyarakat Indonesia," Harsiwi menegaskan.

Seperti diketahui, Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan mulai 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021 di bawah protokol kesehatan yang sangat ketat dan tanpa degradasi.

Salah satu protokol yang akan diterapkan adalah semua pertandingan akan digelar tanpa kehadiran penonton.

Semua laga juga diselenggarakan di Pulau Jawa, sehingga tim kontestan Liga 1 harus  berpindah-pindah dengan transportasi darat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Kompetisi lanjutan Liga 1 2020 ini juga dilabeli extraordinary (luar biasa) karena format yang tidak seperti biasanya akibat pandemi virus corona.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id