news
UMUM
Osaka Merampas Posisi Serena, Keruk Pendapatan Tertinggi, Rp 550 Miliar
19 August 2020 07:07 WIB
berita
Bintang tenis Osaka dan Williams jauh di depan saingan mereka dalam daftar
NEW YORK - Serena Williams tidak lagi menjadi atlet wanita dengan bayaran tertinggi. Posisi itu dirampas Naomi Osaka yang berusia 22 tahun.

Forbes merilis daftar sepuluh atlet wanita dengan bayaran tertinggi pada Senin (17/8). Bintang tenis Osaka dan Williams jauh di depan saingan mereka dalam daftar.




Baca Juga :
- Mendapat Pelecehan Rumah Tangga, Olga Sharypova Berusaha Bunuh Diri
- 40 Petenis Bersaing di Kejurnas Remaja Siwo PWI Pusat


Penghitungan pendapatan Forbes terdiri dari uang hadiah, gaji, bonus, dukungan, dan biaya penampilan antara 1 Juni 2019 dan 1 Juni 2020.

Osaka memperoleh 28,2 juta poundsterling (Rp 550 miliar) yang mengejutkan pada tahun 2020, sementara Williams memperoleh 27,2 juta poundsterling (Rp 530 miliar) untuk tahun ini - dengan 24,2 juta poundsterling (Rp 472) berasal dari sponsor.


Baca Juga :
- Serena Williams Dibayar Rendah & Diremehkan Dibandingkan dengan Rival
- Ubah Tradisi! Novak Djokovic Dorong Hakim Garis Diganti Teknologi


Osaka memperoleh total 2,5 juta poundsterling dari hadiah uang, tetapi pendapatannya dari sponsor mencapai 25,7 juta poundsterling.

Osaka mencetak banyak kesepakatan sponsor baru setelah gelar Grand Slam berturut-turut di AS Terbuka 2018 dan Australia Terbuka 2019, termasuk Nike, yang berkomitmen sekitar 7,5 juta poundsterling setiap tahun untuk memenangkannya jauh dari Adidas.

Wanita berusia 22 tahun itu kini memiliki 15 mitra sponsor, termasuk merek global seperti Nissan Motors, Shiseido, dan Yonex.

Tenis adalah olahraga pilihan bagi atlet wanita yang ingin mendapatkan penghasilan besar, karena sembilan dari sepuluh atlet wanita dengan bayaran tertinggi di dunia mencari nafkah dengan raket.

Pendapatan sponsor antara Williams dan Osaka dibandingkan dengan atlet lain dalam daftar sangat mencolok, menambahkan perbedaan pendapatan sebesar 21,9 juta poundsterling dibandingkan dengan posisi No 3.

Satu-satunya pemain non-tenis dalam daftar berada di peringkat 10, karena wakil kapten tim sepak bola nasional wanita AS Alex Morgan memperoleh total 3,4 juta poundsterling.

Morgan memecahkan sepuluh besar berkat portofolio dukungan besar-besaran senilai sepuluh kali lipat dari gaji dan bonus lapangan sekitar 300.000 poundsterling tahun lalu.

Dia memiliki lebih dari selusin sponsor, termasuk Nike, Coca-Cola, Volkswagen dan AT&T.

Petenis Australia, Ashleigh Barty mendapatkan dirinya sendiri No 3 dengan penghasilan total 9,9 juta poundsterling dengan hanya 2,2 juta poundsterling berasal dari dukungan.*

news
Penulis
Suryansyah