news
UMUM
Mantap! Gol Salto Widodo C Putro pada 1996 Bakal Masuk 16 Besar Gol Terbaik Piala Asia Versi AFC
16 August 2020 21:38 WIB
berita
Widodo Cahyono Putro saat tampil bersama Persija Glory di Kota Solo pada Sabtu (8/8/2020) lalu -- Sri Nugroho / Topskor.id
JAKARTA – Gol salto Widodo Cahyono Putro pada Piala Asia 1996 ke gawang Kuwait nyatanya masih terus dikenang hingga saat ini.

Bahkan, AFC memilih gol yang dicetak oleh pelatih Persita Tangerang di Liga 1 2020 tersebut salah satu yang terbaik sejak Piala Asia pertama kali bergulir.




Baca Juga :
- Futsal Indonesia Segera Punya "Filanesia" Seperti Sepak Bola
- Piala AFF Diundur, Ketum PSSI Menilai Persiapan Timnas Indonesia Bakal Lebih Baik


AFC menempatkan gol Widodo itu pada babak 32 besar dalam Bracket Challenge parade gol terbaik Piala Asia yang dilakukan AFC pada situs resmi mereka.

AFC menilai gol Widodo merupakan salah satu gol paling ikonik dalam sejarah Piala Asia. Widodo mencetak gol spektakuler lewat salto di Stadion Mohammed Bin Zayed.


Baca Juga :
- Pelatih Persik Budi Sudarsono Bakal Ekplorasi Banyak Pemain Muda pada Liga 1 2020
- Gol Salto Widodo C. Putro Menangkan Pemilihan Gol Terbaik Piala Asia


Menyambut umpan crossing Ronny Wabia dari sisi kanan, tanpa pikir panjang Widodo langsung berbalik badan dan melakukan tendangan salto untuk menggapai bola.

Gol salto yang terjadi pada menit ke-20 tersebut gagal diantisipasi oleh kiper Kuwait, Khaled Al Fadhli.

Khaled sendiri dalam sebuah wawancara seusai pertandingan mengatakan sepanjang kariernya tak akan pernah melupakan gol yang merobek jala gawangnya tersebut.

Untuk menjadi gol terspektakuler sepanjang masa di Piala AFC dengan lolos ke 16 besar Bracket Challenge, gol salto Widodo harus bersaing dengan gol pemain Arab Saudi Nawaf Al Temyat pada Piala Asia 2000 juga ke gawang Kuwait.

Hingga berita ini ditulis, gol Widodo masih unggul jauh atas Nawaf dengan persentase 89 persen berbanding 11 persen dari total 3.707 yang mengikuti jajak pendapat. Voting akan ditutup pada 17 Agustus 2020.*Furqon Al Fauzi/05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id