news
LIGA 1
Pemkot Bandung Izinkan Stadion GBLA Jadi Home Base Persib di Liga 1 Musim Ini
14 August 2020 11:50 WIB
berita
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (tengah) bersama Direktur PT PBB Teddy Tjahjono (kanan) tinjau GBLA/Foto Instagram Teddy Tjahjono
BANDUNG - Niat Persib Bandung menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk lanjutan kompetisi Liga 1 musim ini akhirnya mendapatkan titik terang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pemilik GBLA sudah memberi izin Persib menggunakan stadion GBLA untuk kompetisi kasta tertinggi di Indonesia musim ini.




Baca Juga :
- Madura United Taklukkan Persela dalam Uji Coba, RD Sebut Lini Depan Masih Kurang Maksimal
- Jelang Tandang ke Markas Persita, Borneo FC Benahi Penyelesaian Akhir


"Kami Pemkot Bandung memberi izin penggunaan Stadion GBLA pada Persib selama tidak ada penonton," kata Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana.

Hajatan kompetisi Liga 1 yang akan digelar 1 Oktober mendatang memang tidak boleh mendatangkan suporter.


Baca Juga :
- Bonek, Dengarkan Imbauan Pelatih Persebaya Aji Santoso
- Robert Rene Alberts Kecewa PT LIB Tidak Menggubris Usulan Perubahan Jadwal Tandang Persib


Semua laga wajib berlangsung tertutup. Pasalnya pandemi Covid-19 belum mereda. Demi keselamatan Liga 1 digelar tanpa penonton.

"Selama tidak ada penonton insya Allah kami sebagai pemilik lapangan memberi izin. Tinggal pemberi izin kegiatan seperti kepolisian," kata Yana usai hadiri diskusi 36 klub eks anggota Persib dengan manajemen PT PBB, Kamis (13/8).

Stadion GBLA memang sudah menjadi kandang Persib. Maung Bandung nyaman bermain di stadion megah berkapasitas 38 ribu penonton.

Hanya di musim lalu Maung Bandung tersingkir dari GBLA. GBLA dinyatakan tertutup imbas keributan suporter yang menyebabkan korban tewas.

Kini di saat Stadion Si Jalak Harupat (SJH) tidak bisa digunakan karena sedang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021, GBLA jadi satu-satunya opsi Persib.

Kendati serah terima tahap kedua antara Adhi Karya dengan Pemkot Bandung, Yana menyatakan GBLA bisa digunakan Persib.

Karena, pada prinsipnya pemerintah kota ingin segera terjadi serah terima. Supaya aset ini bisa dimanfaatkan.

"Ya Persib sudah mengajukan surat penggunaan GBLA sebagai home base-nya. Ini kan bagian penggunaan aset, meski baru sebatas lapangannya," kata Yana.* Dani Wihara/01

news
Penulis
Dani Wihara
tukang tulas tulis persib bandung