news
LIGA ITALIA
Jose Callejon Tujuh Tahun di Napoli Mencetak Gol dengan Cara yang Sama
12 August 2020 19:39 WIB
berita
Penyerang sayap Napoli, Jose Callejon, saat memberikan gesture perpisahan -Topskor.id/asdiario
NAPLES – Napoli menjadi tim yang mampu bersaing karena sejumlah pemain bintang seperti Edinson Cavani, Marek Hamsik, Lorenzo Insigne, Dries Mertens, atau sebelumnya Gonzalo Higuain.

Namun, ada satu nama yang juga tanpa pemain ini, I Partenopei tidak akan meraih pencapaian terbaiknya.




Baca Juga :
- Alvaro Morata Resmi Diperkenalkan Juventus, Sejumlah Suporter Malah Mengkritik Transfer Ini
- Andrea Pirlo dan Morata Ternyata Sudah Bertemu dalam Liburan Awal September Ini


Trofi Piala Italia, atau status klub sebagai pesaing Juventus, hingga keberhasilan melangkah ke ajang Eropa, diraih Napoli karena pemain ini: Jose Callejon.

Ya, tanpa pemain ini, Napoli tidak akan menjadi tim yang kuat di level domestik dan juga ajang Eropa. Permainan Napoli atau serangan mereka, mudah dikentarai karena pergerakan Callejon di sayap kanan.


Baca Juga :
- Pemain Baru Juventus Ini Dinilai Memiliki Kemampuan seperti Edgar Davids
- Cetak Dua Gol Masih Tidak Senang, Ibrahimovic: Jika Saya Berusia 20 Tahun Bisa Tambah Dua Lagi


Bagi Callejon, sayap kanan adalah posisi yang sudah sangat dikenalnya. Itu tempatnya dan dalam kariernya semua pelatih tahu bahwa tidak ada posisi yang lebih efektif dan lebih baik bagi Callejon selain di sayap kanan.

Dari posisi itulah, Callejon selalu memberikan umpan silang. Dari sana pula, bintang asal Spanyol ini mampu membawa bola hingga ke sisi paling kiri pertahanan lawan dan biasanya selalu ada dua hal yang dilakukannya: memberikan umpan atau membawanya ke jantung pertahanan lawan.

Yang menarik, selama tujuh di Napoli, Calejon selalu mencetak gol dengan cara yang nyaris sama. Tepatnya di posisi kiri dari gawang lawan di jantung pertahanan. Dari sanalah Callejon berulang kali mencetak gol dengan model dan cara yang tidak jauh berbeda.

Biasanya, dia selalu bergerakan ke dalam sisi kiri pertahanan lawan, menunggu bola umpan silang dari rekannya. Selalu seperti itu dan cara itu selalu berakhir dengan gol.

Wajar jika kemudian baik Lorenzo Insigne dan Dries Mertens, menggambarkan kepergian rekannya ini dengan kalimat “Kami akan merindukan Anda sebagai pemain yang selalu berada di ujung tiang jauh lawan di mana Anda selalu mencetak gol.”

Musim depan, Lorenzo Insigne atau Dries Mertens tidak akan melihat kembali pemain nomor 7 yang selalu membantu mereka untuk mencetak gol, setelah kontraknya di Napoli telah berakhir.

Tugas tersebut sudah dilakukan Callejon sejak kali pertama bergabung ke Napoli pada 2013 silam. Pelatih Napoli ketika itu, Rafael Benitez, memperkenalkannya dengan mengatakan “Dia dapat mencetak 20 gol atau lebih,” kata Benitez.

Dan, kata-kata Benitez memang terbukti. Pada musim pertamanya di Napoli, Callejon total telah mencetak 20 gol (2013/14). Dari sanalah selanjutnya, Callejon memulai perjalanannya yang mengesankan di Napoli.

Dalam tujuh musim, dia memberikan gelar Piala Italia, satu Piala Super Italia, dari total 349 pertandingan dengan I Pertenopei. Dari jumlah itu pula, total dia telah menorehkan 82 gol dan memberikan 78 assist.

Callejon adalah pemain yang paling banyak tampil dalam 10 tahun terakhir dalam sepak bola Eropa (351 laga), dan pemain asal Spanyol yang paling mencetak banyak gol di Seri A (64 gol).

“Dia melakukannya tanpa kontroversi, tanpa kalimat yang mengundang kontroversi pula, dan tanpa sikap yang buruk” demikian harian Spanyol mencoba mendeskripsikan karier Callejon di sepak bola Italia. Ya, kariernya di Napoli sukses, termasuk caranya mencetak gol.*

Berikut Gol Callejon di Napoli dengan Cara yang Nyaris Sama:

I
Penulis
Irfan Sudrajat