news
FORMULA 1
Ada Apa?! Tiga Pembalap Finis dengan Ban Pecah di F1 GP Inggris 2020
03 August 2020 10:08 WIB
berita
TIGA pembalap finis dengan ban hancur di F1 GP Inggris 2020. Balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (2/8/2020), dimenangi oleh pembalap tuan rumah Lewis Hamilton dari tim Mercedes AMG.

Hamilton menjuarai F1 GP Inggris untuk ketujuh kalinya dengan ban kiri yang hancur. Rekan setimnya, Valtteri Bottas juga mengalami hal yang sama.




Baca Juga :
- Mantan Bos F1 Sarankan Hamilton Gabung Red Bull Racing
- Legenda NBA Michael Jordan Terjun ke Dunia Balap


Namun, Bottas cukup malang. Mengalami kerusakan ban pada dua lap terakhir, pembalap asal Finlandia ini terpaksa masuk pit untuk mengganti ban.

Akibatnya, posisi Bottas merosot dari urutan kedua dan finis di urutan ke-11.


Baca Juga :
- Senang dengan Profesi Barunya, Lorenzo Tak Mau Balapan Lagi
- Rossi Puji Kesempurnaan Bagnaia dalam "Menjinakkan" Ducati yang Tak Mudah Dikuasai


Kemalangan juga dialami Carlos Sainz Jr dari tim McLaren. Mengalami ban kiri yang hancur saat berada di posisi keempat, pembalap asal Spanyol ini dipaksa finis di urutan ke-13.

Alhasil, Pirelli mendapat sorotan seperti disampaikan mantan pembalap F1, Jolyon Palmer.

"Wow! Aneh dan nyaris. Lewis Hamilton pantas juara dan dia beruntung bisa finis pertama. Andai ada dua tikungan lagi, dia pasti gagal juara," ujar Palmer kepada BBC Radio 5 live.

"Ban kiri depan memang penuh beban di Silverstone. Pirelli tentu akan mendapat tekanan besar sebab pekan depan ada balapan lagi dengan ban lebih lunak di sirkuit ini," katanya menambahkan.

Adapun Max Verstappen, pembalap Red Bull Racing yang menempati podium kedua, menilai kinerja ban memang buruk lantaran mudah aus.

"Ban tidak kelihatan bagus saat balapan tersisa 10 lap. Saya masuk pit sebelum ban depan Lewis hancur," ujar pembalap asal Belanda ini.

"Posisi dua tetap hasil yang bagus bagi kami dan saya senang," kata Verstappen.

Dalam balapan GP Inggris 2020 kali ini, seperti diungkapkan Pirelli, mayoritas pembalap menggunakan ban tipe medium --termasuk Lewis Hamilton.

Adapun Carlos Sainz Jr menggunakan ban tipe lunak hingga ban kiri depan hancur dan beralih menggunakan ban tipe medium untuk lap terakhir F1 GP Inggris 2020.*HEDI NOVIANTO

R
Penulis
Rizki Haerullah