news
LIGA 1
Persib Nyaris Dibubarkan ketika PSSI Baru Terbentuk Sembilan Tahun lalu
01 August 2020 14:54 WIB
berita
Skuat Persib era 2008 Topskor.id/Arief NK
BANDUNG – Pada  1 Agustus 2011, Persib Bandung nyaris dibubarkan. Sembilan tahun lalu, aktivitas Persib benar-benar mati total, tak ada latihan persiapan sekalipun dalam suasana puasa kala itu.

Bahkan, saat memasuki bulan puasa tim sudah terbentuk, kala itu tidak ada pergerakan sama sekali ditambah belum memiliki pelatih kepala dan pemain secara resmi. Akibatnya, Persib fakum sampai batas yang tidak bisa  ditentukan.




Baca Juga :
- Impian Winger Persebaya Ini Tinggal di Komplek dengan Fasilitas Lapangan Bola Standar FIFA Akhirnya Tercapai
- Segera Kembali ke Bandung, Wander Luiz Ungkap Kondisinya


Ini menyusul ketidakjelasan kompetisi Indonesia Super League (ISL) meski pun ketika  kepengurusan PSSI sendiri sudah terbentuk.

Manajer Tim Umuh Muchtar kala itu, mengaku tidak bisa berbuat banyak oleh situasi dan kondisi sepak bola nasional.


Baca Juga :
- Menanti Pemerintah 'Menyulap' Tiga Lapangan 'Kampung' di Solo Jadi Berstandar FIFA untuk Piala Dunia U-20
- Temui Bupati Bantul, Manajemen Bali United, Persija dan PSM Ungkap Alasan Pilih Stadion Sultan Agung


“Klub-klub tetap tak bisa menentukan karena masih harus tergantung kepada keputusan  PSSI,” kata Umuh menegaskan ketika itu.

“Rupanya selama puasa tahu ini (2011), tim tak ada latihan sore seperti tahun lalu. Mau apa lagi, kita  belum mendapatkan kepastian tentang format kompetisi. kita akan hadiri workshop dulu dengan PSSI untuk membicarakan format kompetisi,” kata Umuh menambahkan.

Menurut Umuh, Manajemen Tim menjadi serba salah dengan kondisi yang terjadi saat itu. Itu sebabnya, kondisi menjadi kendala PT PBB  dalam membentuk tim termasuk program kerja. Apalagi, katanya, saat itu kontrak pemain tinggal sebulan lagi.

"Mau membuat agenda bagaimana kalau tim saja belum terbentuk. Yang pasti, selama puasa  tahun ini (2012)  nampaknya akan diisi oleh program memastikan pelatih maupun pemain. Sedangkan program latihan formatnya juga belum ada,” kata Umuh.

Umuh menjelaskan,  saat itu format kompetisi masih dirumuskan oleh PSSI dan  PT Liga Indonesia yang diisi oleh kepengurusan yang baru dan format kompetisi rampung pada akhir Agustus 2012.*

A
Penulis
Arief N K