news
TOP FEATURE FOOTBALL
Ronaldo Sering Begadang dan Minum-minum Lalu Berlatih pada Keesokan Harinya Tanpa Sempat Tidur
31 July 2020 23:51 WIB
berita
Ze Roberto dan Ronaldo Nazario - TopSkor/Istimewa
JOSE Roberto da Silva Junior atau yang lebih dikenal dengan nama Ze Roberto adalah mantan gelandang serang yang pernah berkibar bersama Real Madrid, Bayern Muenchen, dan tim nasional Brasil. 

Setelah gantung sepatu pria yang kini berusia 46 tahun tersebut bekerja sebagai penasihat teknis Palmeiras. Dalam wawancara di saluran YouTube, TyC Sports, mengungkapkan kembali pengalaman menarik yang pernah dia alami selama kariernya sebagai pemain.




Baca Juga :
- Zidane Bingung Tentukan Starting XI Melawan Man-City
- Legenda Brasil Ini Pamer Otot, Klaim Lebih Keren dari Ronaldo


Salah satunya tentang persahabatannya dengan Ronaldo Nazario, mantan rekannya di timnas Brasil. 

“Ronaldo adalah penggila pesta. Dia sering pergi malam-malam untuk berpesta dan baru kembali pada keesokan harinya untuk berlatih dan dia melakukannya nyaris tanpa sempat tidur. Itu benar-benar luar biasa. Dia sering pergi untuk minum-minum, tapi pada keesokan harinya dia berlatih seperti binatang,” kata Ze Roberto.


Baca Juga :
- Guardiola dan Mourinho Baru Bisa Disebut Pelatih Genius Jika Pernah Memenangi Liga Champions 3 Kali Beruntun seperti Zidane
- Kepada Ryan Giggs, Gareth Bale Katakan Bakal Bertahan di Real Madrid Musim Depan, Ini Alasannya


Ronaldo bukan satu-satunya bintang sepak bola kontroversial yang pernah menjadi rekan Ze Roberto di timnas Brasil. Ronaldinho Gaucho pun sempat berteman dekat dengan Ze Roberto.

“Ronaldinho punya lantai disko sendiri di rumahnya. Tapi, saya memilih untuk tidak pergi ke sana,” katanya.

Ze Roberto juga berbicara tentang pengalamannya saat baru bergabung dengan Madrid pada 1997. “Saat itu saya sangat terkejut saat melihat para pemainnya saat memakai jas,... Saya bahkan harus pergi ke Corte Inglés unuk membeli pakaian agar tidak merasa malu. Fernando Redondo terlihat seperti seorang model,” katanya. 

Ze Roberto tidak hanya terpesona oleh penampilan Redondo, tapi juga oleh aksinya yang sangat impresif di lapangan. “Dia adalah gelandang terbaik yang pernah bermain bersama saya. Dengan permainannya yang berkelas dan kaki kirinya yang istimewa,” katanya.

Pemain lain yang juga memukau Ze Roberto adalah Zinedine Zidane yang pernah dia hadapi pada final Piala Dunia 1998 antara Brasil dan Prancis. Zizou bermain impresif dalam laga itu dan membukukan dua gol untuk membantu Les Bleus menang 3-0.

“Penampilan Zidane dalam pertandingan itu adalah penampilan terbaik yang pernah saya lihat secara langsung,” ujarnya.

Tapi, seperti kebanyakan warga Brasil, Ze Roberto mengakui mengidolakan Pele. Tapi, dia juga menyukai legenda Argentina, Diego Maradona, dan Zico. “Saya berkaki kidal dan saya suka dengan cara bermain Maradona.”

Cedera betis membuat Ze Roberto tidak bisa menjadi bagian dari skuat Brasil yang menjadi juara Piala Dunia 2002. Dia akhirnya kembali berlaga di turnamen sepak bola terbesar di dunia itu pada 2006 di Jerman. Tapi, Brasil yang sarat bintang malah tersingkir di perempat final.

“Tim yang turun di turnamen itu adalah yang terbaik dengan saya, Ronaldinho, Ricardo Kaka, Ronaldo, Adriano Leite. Tapi, kami hanya sarat bintang, tapi minim konsentrasi,” katanya.

R
Penulis
Rijal Al Furqon