news
UMUM
Tok! Piala AFF 2020 Resmi Diundur Tahun Depan
30 July 2020 20:36 WIB
berita
JAKARTA – Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) akhirnya “menyerah”juga kepada pandemi global Covid-19.

Demi kesehatan dan keselamatan bersama, pada Kamis (30/7/2020) AFF secara resmi memutuskan penundaan Piala AFF 2020 hingga tahun 2021 mendatang.




Baca Juga :
- Menanti Pemerintah 'Menyulap' Tiga Lapangan 'Kampung' di Solo Jadi Berstandar FIFA untuk Piala Dunia U-20
- Temui Bupati Bantul, Manajemen Bali United, Persija dan PSM Ungkap Alasan Pilih Stadion Sultan Agung


Awalnya, ajang sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara tersebut akan digelar pada 23 November hingga 31 Desember mendatang.   

“Sehubungan dengan wabah Covid-19, AFF sudah menerima arahan dari WHO, para menteri kesehatan, pemerintah, FIFA, dan AFC,” kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, dikutip dari laman resmi AFF, Kamis (30/7/2020).  


Baca Juga :
- Persija, Bali United, dan PSM Sowan ke Bupati Bantul Sebelum Gunakan Stadion Sultan Agung
- Terkait Isu Ada Pemain Timnas Reaktif Covid-19, Pengelola Hotel Fairmont Diminta Bungkam oleh PSSI


Dijelaskannya, bagi AFF, kesehatan dan keselamatan para pemain, pelatih, partner, suporter, dan masyarakat adalah prioritas utama.

Dan, keputusan menunda turnamen hingga 2021 menurut Khiev Sameth akan menyelamatkan semua pihak yang terlibat pada Piala AFF 2020.

Panitia pelaksana Piala AFF sebelum memutuskan penundaan tersebut juga sudah berdiskusi dengan berbagai pihak.

“Seperti kita ketahui, pandemi ini terus memunculkan permasalahan besar bagi kesehatan, sosial, dan ekonomi yang berdampak kepada kita semua,” Khiev Sameth menambahkan.

“Prioritas utama AFF adalah kesehatan dan keselamatan dari seluruh anggota kami dan berupaya keras mengurangi dampak pandemi ini. Dengan risiko penyebaran Covid-19 yang masih tinggi, AFF menilai situasi ini membuat kami tidak bisa menjamin keselamatan jika Piala AFF tetap digelar tahun ini,” ia menambahkan.

Kondisi seperti ini dijelaskan Khiev Sameth, belum pernah terjadi sebelumnya di belahan dunia mana pun. Termasuk di sepak bola dan komunitasnya.

“Tapi kami yakin akan melaluinya bersama dengan dukungan semua pemangku kepentingan. Termasuk suporter, anggota asosiasi, pemain, pelatih, pejabat, media, dan mitra kami. Dan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka karena telah bersatu dengan kami dalam perang melawan Covid-19,” kata Khiev Sameth.

Sementara itu Adrian Staiti, Presiden APAC at Sportfive, mitra komersial eksklusif Piala AFF, mengatakan, pihaknya sama sekali tidak keberatan dengan keputusan itu.

“Sportfive mendukung keputusan AFF menunda Piala AFF demi memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua pemain, mitra, staf, dan penggemar,” Adrian menegaskan.

“Meskipun kami kecewa bahwa kami tidak dapat mengadakan turnamen tahun ini, kami akan bekerja sama dengan AFF untuk memantau situasi. Dan, berharap dapat bekerja sama dengan mitra kami untuk menggelar turnamen yang hebat bagi para penggemar di kawasan ASEAN tahun depan," ia menambahkan.

Selanjutnya AFF akan terus bekerja sama dengan berbagai asosiasi dan mitra anggota untuk memantau situasi, dan segera menentukan kepastian soal tanggal digelarnya Piala AFF tahun depan.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id