news
LIGA INGGRIS
Jose Mourinho Kembali Sindir MU yang Mendapatkan Rekor Hadiah Penalti Terbanyak di Liga Primer Sepanjang Masa
30 July 2020 20:00 WIB
berita
Jose Mourinho - TopSkor/Istimewa
LONDON – Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, kembali melancarkan serangan terhadap Manchester United dengan menyindir rekor hadiah penalti yang diperoleh bekas tim asuhannya tersebut.

Setan Merah finis di peringkat ketiga klasemen Liga Primer musim ini sekaligus lolos ke Liga Champions musim depan. Kepastian ini diperoleh usai mengalahkan Leicester City 2-0 pada laga terakhir berkat gol penalti Bruno Fernandes dan gol Jesse Lingard.




Baca Juga :
- Promosikan Fitur Anti-Bullying, Twitter Malah Mem-bully Bek Tengah Manchester United
- Gagal Merebut Jadon Sancho, Manchester United Diledek Borussia Dortmund di Media Sosial


Ini jadi klimaks dari kebangkitan MU sejak kompetisi kembali digelar setelah sempat ditunda lantaran wabah virus Corona. Dan, Fernandes menjadi pemain yang paling menonjol di balik rekor Setan Merah tidak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir.

Gelandang asal Portugal yang dibeli dari Sporting Lisbon di bursa transfer Januari lalu tersebut mencetak 8 gol dan 7 assist dalam hanya 14 aksinya di Liga Primer. 


Baca Juga :
- Hadapi Sevila di Semifinal Liga Europa, Fan Manchester United Senang Tidak Bertemu Wolves untuk Ke-100 Kalinya
- Pekan Ini, Bek 22 Tahun yang Tampil Mengesankan di Ligue 1 Itu Akan Memilih Manchester United atau Arsenal


Mourinho juga memberikan pujian kepada rekan senegaranya tersebut atas performa impresifnya bersama MU sejak kehadirannya awal tahun ini.  

“Bruno masuk, kondisinya bugar, dia bermain sangat baik dan meningkatkan performa tim MU,” kata Mourinho kepada harian Portugal, Record.

“Dia juga membuktikan kapasitasnya sebagai eksekutor penalti yang hebat, salah satu yang terbaik di dunia karena dia punya kesempatan untuk mengeksekusi sekitar 20 hadiah penalti!”

The Special One merujuk pada banyaknya hadiah penalti yang diperoleh MU sepanjang musim ini yang mencapai 20 hadiah penalti di seluruh kompetisi.

Sebanyak 14 hadiah penalti di antaranya didapatkan Setan Merah di Liga Primer yang merupakan rekor terbanyak dalam satu musim di kompetisi elite Inggris itu sepanjang sepanjang sejarah.

Catatan ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat Crystal Palace pada 2004/05 dan Leicester City pada 2015/16 saat masing-masing mendapatkan 13 hadiah penalti.

Sebelumnya, Mourinho juga pernah melontarkan sindiran serupa saat MU mendapatkan hadiah penalti ke-13 awal Juli lalu.

Saat diminta membandingkan rekor serangan MU dengan Tottenham, Mourinho mengatakan: “13 hadiah penalti buat MU sangat membantu. Itu sangat membantu!” 

Fernandes sendiri mengeksekusi enam hadiah penalti sejak bergabung dengan MU Januari lalu dan semuanya berhasil dikonversi menjadi gol. 

Meski hadiah penalti yang diperoleh MU lawan Leicester tidak perlu dipertanyakan, ada beberapa yang terbilang kontroversial. Termasuk yang diberikan wasit setelah Fernandes bertabrakan dengan Ezri Konsa dalam laga lawan Aston Villa.

Tottenham sendiri pernah jadi korban dari keputusan penalti kontroversial dari wasit saat bermain imbang 1-1 lawan MU pada laga pertama pasca-karantina Covid-19.

Penalti pertama diberikan wasit setelah Eric Dier menarik Paul Pogba dan penalti kedua diberikan setelah Fernandes terlihat dijatuhkan. Tapi, keputusan penalti kedua itu kemudian dibatalkan oleh VAR.

“Penalti kedua sangat luar biasa buat saya,” kata Mourinho. “Jika VAR dipakai untuk menganalisis diving, para pemain akan lebih terekspos dan diberikan kartu kuning. Fernandes datang dari negara yang sangat saya kenal.”

R
Penulis
Rijal Al Furqon