news
LIGA CHAMPIONS
Karim Benzema Punya Utang Besar kepada Real Madrid yang Harus Dilunasi pada 7 Agustus
30 July 2020 10:49 WIB
berita
Karim Benzema - TopSkor/Istimewa
MADRID – Karim Benzema hampir pasti mengenakan ban kapten saat Real Madrid dijamu Manchester City pada leg kedua 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium 7 Agustus mendatang.

Pasalnya, Sergio Ramos dipastikan absen terganjal kartu merah sementara Marcelo Vieira kemungkinan hanya akan jadi cadangan dengan Ferland Mendy jadi starter di bek kiri.




Baca Juga :
- Sergio Ramos Ingin Dua Tahun Perpanjangan Kontrak, Madrid Hanya Bisa Kasih Satu Tahun
- Perceraian yang Harus Dibayar Mahal, Cristiano Ronaldo dan Real Madrid Terpuruk di Liga Champions Sejak Resmi Berpisah


Ini akan jadi kali pertama striker asal Prancis itu memikul tanggung jawab yang begitu besar sepanjang kariernya di Madrid.

Apalagi, Los Blancos dalam kondisi kritis setelah kalah 1-2 pada leg pertama di Santiago Bernabeu 26 Februari lalu. Artinya, mereka harus menang dengan selisih minimal dua gol di Etihad untuk membalikkan keadaan sekaligus lolos ke perempat final.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Pertempuran Liga Champions di Lisabon
- Cetak Gol lawan Real Madrid, Gabriel Jesus Samai Rekor Dua Striker Legendaris Brasil di Liga Champions


Selama bertahun-tahun sejak kehadirannya di Madrid pada 2009, Benzema tidak pernah memikul beban yang terlalu berat di ajang Liga Champions meski dia punya tugas penting sebagai striker. Pasalnya, semua itu selalu dipikul oleh Cristiano Ronaldo sebagai mesin gol utama.

Tapi, kini Benzema harus memikul tanggung jawab besar di Etihad. Dia jadi andalan Madrid untuk membobol gawang City sekaligus meraih hasil yang dibutuhkan.

Ekspektasi terhadap Benzema bahkan lebih besar lagi karena dia punya catatan impresif di Liga Champions. Mantan striker Olympique Lyon ini telah mencetak 64 gol yang menjadikannya top scorer keempat di ajang elite Eropa itu sepanjang masa.

Torehannya setara dengan Robert Lewandowski dan hanya kalah dari Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Raul Gonzalez.

Tapi, hanya enam dari gol-gol Benzema yang dibuat pada laga-laga tandang di fase knock-out dan semuanya dicetak pada leg pertama.

Pemain 32 tahun ini belum pernah mencetak gol pada leg kedua fase knock-out di kandang lawan dan ini jadi utangnya yang paling besar kepada Madrid yang wajib dia lunasi pada 7 Agustus nanti. Jika tidak Los Blancos terancam kembali tersingkir di babak 16 besar untuk musim kedua beruntun.

Gol pertama yang dicetak Benzema dalam laga tandang pada fase knock-out adalah saat Madrid bermain imbang 1-1 dengan Lyon di Stade Gerland pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2010/11. 

Di musim berikutnya, Benzema mencetak dua gol ketika Madrid menang 3-0 di kandang APOEL Nicosia pada leg pertama perempat final.

Dia lalu kembali menorehkan brace saat Los Blancos mempermalukan tuan rumah FC Schalke 04 di Gelserkirchen pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2013/14.

Terakhir, Benzema mencetak satu gol saat Madrid mengalahkan tuan rumah Ajax Amsterdam 2-1 di Johan Cruyff Arena pada leg pertama 16 besar Liga Champions musim lalu.

Kini, Benzema harus mematahkan kebuntuan sekaligus mengakhiri tren negatif pada leg kedua fase knock-out di kandang lawan untuk menghidupkan kembali peluang Madrid memenangi gelar Liga Champions musim ini.

R
Penulis
Rijal Al Furqon