news
LIGA INGGRIS
Guardiola Pernah Mempertimbangkan untuk Melatih Timnas Brasil, tapi Takut Tidak Diterima Pemain
30 July 2020 09:29 WIB
berita
Fernandinho dan Pep Guardiola - TopSkor/Istimewa
MANCHESTER – Gelandang Manchester City, Fernandinho, mengungkapkan bahwa pelatihnya, Pep Guardiola, pernah mempertimbangkan kemungkinan menangani dia dan rekan-rekannya tim nasional Brasil.

Pria asal Spanyol ini memang menjadi salah satu pelatih yang paling banyak diminati di seluruh dunia menyusul prestasinya sangat impresif saat menangani Barcelona, Bayern Muenchen, dan kini City.




Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Pertempuran Liga Champions di Lisabon
- Cetak Gol lawan Real Madrid, Gabriel Jesus Samai Rekor Dua Striker Legendaris Brasil di Liga Champions


Guardiola belum pernah melatih timnas, tapi dia sempat memiliki ambisi untuk menangani Tim Samba dan kembali menjadikan mereka juara Piala Dunia setelah terakhir kali memenangi gelar itu pada 2002.

Brasil memang tidak pernah lagi meraih gelar paling bergengsi itu dalam 18 tahun terakhir. Pencapaian terbaik Selecao adalah mencapai semifinal Piala Dunia 2014 saat menjadi tuan rumah.


Baca Juga :
- Mereka Sudah Lancang Membandingkannya dengan Van Dijk! Dua Kali Blunder lawan Man City, Varane Di-bully Fan Liverpool
- Mengingat Rasa Sakit! Ini Rahasia di Balik Performa Impresif Raheem Sterling lawan Real Madrid


Keterpurukan Brasil di pentas tertinggi di dunia pula yang membuat Guardiola sangat tertarik untuk melatih tim itu. Tapi, Fernandihno mengungkapkan bahwa bahwa pelatih 49 tahun itu punya keraguan apakah bintang-bintang Selecao akan bisa menerima pelatih asing dengan tangan terbuka.

Maklum, sepanjang sejarahnya timnas Brasil memang tidak pernah secara resmi ditangani oleh pelatih asing.

“Pep pernah bilang bahwa dia ingin menjadikan Brasil kembali menjadi juara Piala Dunia dan dia punya energi penuh untuk menjadikan kami juara dunia,” kata Fernandinho.

“Tapi, mereka (Federasi Sepak Bola Brasil) tidak menginginkan hal itu karena mereka tidak yakin apakah para pemain dan publik Brasil akan menerima kehadiran seorang pelatih asing.”

Beberapa waktu sebelumnya juga sempat beredar kabar di Brasil soal kemungkinan Guardiola menangani Selecao. Tapi, tidak pernah ada kontak antara kedua belah pihak.

Brasil tidak pernah lagi memenangi Piala Dunia sejak Ronaldo Nazario membawa mereka merai gelar itu pada 2002 dalam turnamen yang digelar Jepang dan Korea Selatan.

Pada Piala Dunia terakhir di Rusia dua tahun lalu, Brasil kalah dari Belgia di perempat final. Meski begitu, Fernandinho tetap meyakini bahwa Negeri Samba itu belum membutuhkan pelatih asing terlepas dari kekagumannya terhadap kualitas Guardiola.

“Kami (saya dan Guardiola) pernah membicarakan itu (soal melatih timnas Brasil), tapi kami hanya membahasnya secara informal, lebih seperti mengulas. Terutama karena berita-berita yang muncul di Brasil saat itu yang menyebutkan Guardiola tertarik untuk melatih timnas Brasil,” kata Fernandinho. 

“Tapi, saya yakin hal itu sedikit mustahil. Guardiola berpendapat Brasil dan Argentina harus selalu ditangani oleh pelatih dari negaranya masing-masing. Kami melahirkan banyak pemain hebat. Jadi, kami juga punya kapasitas untuk melahirkan pelatih-pelatih hebat. 

“Dalam percakapan secara informal, saya percaya hal itu sangat sulit terjadi. Tapi, dalam sepak bola tidak ada yang tidak mungkin.”

R
Penulis
Rijal Al Furqon