news
LIGA 1
Randy Saputra: Sayalah Pemain Pertama yang Menjebol Gawang Persipura di Kandangnya
25 July 2020 14:15 WIB
berita
Randy Saputra, kini aktif sebagai pengurus KONI Kota Bandung./Arief NK/Topskor.id
BANDUNG -  Stadion Mandala Krida Jayapura dikenal angker bagi tim tim tamu manakala menghadapi Persipura sebagai tuan rumah.

Hingga dekade 2013, siap pun yang melawat ke sana sudah dapat dipastikan akan tersungkur termasuk para pemain yang kerap mengalami beban psikis.




Baca Juga :
- Angkat Besi: Triyatno Kalah dari Dua Juniornya, PB PABSI Lakukan Evaluasi Besar-besaran
- Siapa Saja Empat Pemain Persebaya yang Terpapar Covid-19? Begini Jawaban Sekretaris Tim


Entah mitos atau apakah ada faktor lainnya, siapa saja yang menghadapi Persipura tak akan bisa memenuhi targetnya.

Tetapi, hal itu tidak bagi Randy Saputra yang kala itu jadi skuat inti Pelita Bandung Raya (PBR).


Baca Juga :
- PSMS Mengeluarkan Hampir Rp700 juta untuk Satu Bulan Operasional: Kalau Dibilang Rugi Ya Rugi!
- Prawira Bandung, Klub Basket IBL yang ‘Sedarah’ dengan Persib Bandung


Keangkeran Stadion Mandala takluk dengan dengan tendangan kerasnya di menit ke-73 hingga akhirnya PBR mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah sebelumnya tertinggal, 1-0.

Dengan gol itu, Randy menjadi pemain pertama yang mampu menaklukan Stadion Mandala  dengan penyama kedudukan tersebut.

"Saya masih ingat saat itu, bola berawal dari kiper yang dilambung lalu saya menyambut dari sebelah kanan, kala itu memang cukup ketat namun bersyukur saya bisa melewati stopper Bio Paulin, dengan  kaki kanan dan penuh perhitungan saya putuskan untuk melakukan tendangan ke gawang Persipura dan bola masuk, luar biasa kegembiraan saya dan teman teman saat itu, karena dapat mengecoh kiper Persipura yang asal Korea itu," ujar Randy menuturkan.

Pada dekade PBR masih ditangani pelatih Daniel Darko Janackovic yang menggantikan Simon Mcmenemy. Di tangan Darko, PBR ketika cukup gemilang karena selama lawatannya ke Papua pada ISL 2013/14, tidak mengalami kekalahan.

Usai menahanPersipura 1-1, di laga berikutnya juga bermain 2-2 saat melawat ke kandang Persiwa Wamena.

Randy yang kini sudah gantung sepatu mengaku momen tersebut tidak pernah dilupakan dan menjadi kenangan paling mengesankan sepanjang menjalani kariernya sebagai pesepak bola profesional.

"Iya, orang-orang katanya bermain di kandang Persipura sulitnya minta ampun, bahkan tak akan ada tim manapun yang bisa menahan atau mengalahkan Persipura. Tapi, alhamdulilah saya bisa mengatasi beban psikis itu dan kata orang orang sayalah pemain pertama yang bisa menjebol gawang Persipura di kandangnya, saya sendiri baru sadar semua media memberitakan waktu itu," kata Randy mengenang.

Sebelum bergabung dengan PBR waktu itu, Randy merupakan skuat junior Persib.

Ketika Persib melakukan perombakan besar-besaran seiring dengan hadirnya para pemain timnas, Randy pun tak masuk lagi line-up skuat Persib dan akhirnya memilih hijrah ke PBR yang waktu itu baru muncul sebagai tim Kota Bandung.

Sejak junior juga Randy berhasil membawa Persib sebagai juara Piala Soeratin 2008 di Tenggarong.

"Kenangan bersama Persib, bersama PBR termasuk menjadi pemain pertama yang mencetak gol di kandang Persipura saya simpan baik-baik sebagai kenangan yang tak dapat begitu saja dilupakan," ujarnya mengungkapkan.

Kini, Randy sudah gantung sepatu dan hari harinya banyak dihabiskan di bidang keolahragaan sebagai pengurus KONI Kota Bandung mengisi posisi wakil bendahara.

"Untuk meneruskan dan berkarier di sepak bola kembali buat saya belum kepikiran mungkim ke depan bisa saja, sekarang saya banyak tugas setelah masuk pengurus KONI Kota Bandung," kata Randy menutup percakapan dengan TopSkor.id Sabtu (25/7/2020).*04

A
Penulis
Arief N K