news
LIGA INGGRIS
Dari Black Lives Matter hingga Freedom, Inilah Pesan-Pesan yang Akan Dipakai Pemain NBA di Kostum Mereka
21 July 2020 14:17 WIB
berita
Pesan sosial di bagian belakang kostum pernah dipakai di Liga Primer - TopSkor/Istimewa
SETELAH sempat ditunda karena wabah virus Corona, kompetisi bola basket Amerika Serikat (NBA) musim ini siap digelar kembali 30 Juli mendatang di Orlando. Momen ini akan digunakan para pemain untuk menyampaikan pesan-pesan sosial pada kostum mereka masing-masing.

Aksi ini menjadi lanjutan dari unjuk rasa antirasisme yang digelar masyarakat di AS dan seluruh dunia terkait kematian warga kulit hitam George Floyd di tangan petugas kepolisian Minneapolis 25 Mei silam.




Baca Juga :
- Ketika Dua Pemain Satria Muda Berdebat soal Juara NBA 2020, LA Lakers atau Miami Heat?
- 10 Pemain Top NBA Sepanjang Massa, LeBron James Tempel Michael Jordan


Awal Juli lalu, NBA mengumumkan daftar 29 kalimat yang bisa dipakai para pemain pada bagian belakang kostum sebagai ganti nama mereka. Dan, sejumlah pemain pun sudah mengungkapkan pesan-pesan yang mereka pilih.

“Black Lives Matter”


Baca Juga :
- Protes Wasit, Pebasket NBA Ini Didenda Rp219,97 Juta
- Punya 20 Pasang Sepatu Air Jordan, Andakara Prastawa Lebih Suka Pakai Nike Kobe untuk Tanding


Banyak pemain memilih pernyataan ini termasuk guard Milwaukee Bucks, Khris Middleton. Begitu juga dengan Kyle Korver, Troy Daniels, Tyler Cook, Monte Morris, dan Bol Bol (Denver Nuggets); Jae Crowder dan Udonis Haslem (Miami Heat); Zach Collins (Portland Trail Blazers); Hamidou Diallo (Oklahoma City Thunder); dan Cory Joseph (Sacramento Kings).

“Education Reform”

Shooting guard Portland Trail Blazers, CJ McCollum, mengaku akan memakai pesan ini di kostumnya. Dia akan diikuti oleh forward Boston Celtics, Gordon Hayward, dan guard Sacramento Kings, Kent Bazemore.

“Equality”

Ini adalah pilihan paling populer dan akan dipakai oleh forward Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo. Luka Doncic dan seluruh pemain Dallas Mavericks dikabarkan juga akan memakai pesan ini. Begitu juga point guard Oklahoma City Thunder, Chris Paul, dan center Utah Jazz, Rudy Gobert.

Doncic, Kristaps Porzingis, JJ Barea, Maxi Kleber, dan Boban Marjanovic akan memakai kata “Equality” di kostum mereka yang ditulis dalam bahasa asli masing-masing.

“Freedom”

Pesan ini akan dipakai guard Boston Celtics, Marcus Smart, dan rekan setimnya, Enes Kanter.

“How Many More?”

Guard Portland Trail Blazers, Damian Lillard, termasuk yang memilih kalimat ini. Begitu juga dengan forward Los Angeles Clippers, Montrezl Harrell, dan guard Los Angeles Lakers, Danny Green.

“Peace”

Kelly Oubre Jr. (Phoenix Suns), Jordan Clarkson (Utah Jazz), Rodney McGruder (LA Clipper), dan Justin James (Sacramento Kings) termasuk yang memilih pesan ini.

“Say Her Name”

Forward Sacramento Kings, Harry Giles, dan forward Washington Wizards, Johnathan Williams, termasuk yang memilih kalimat ini. Pesan ini merujuk kepada Breonna Taylor, seorang petugas medis kulit hitam yang tewas ditembak petugas Kepolisian Louisville pada 13 Maret 2020.

“Say Their Names”

Guard New Orleans Pelicans, Jrue Holiday, dan small forward Miami Heat, Duncan Robinson, akan memakai kalimat yang merujuk pada nama-nama korban yang tewas atau cedera akibat tindak kekerasan petugas keamanan.

“Vote”

Forward Denver Nuggets, Paul Millsap dan Keita Bates-Diop serta rookie Philadelphia 76ers, Matisse Thybule, termasuk yang akan memakai pesan ini.

Kosong (Tanpa Pesan atau Nama)

Guard Miami Heat, Jimmy Butler, berharap bisa diizinkan untuk memakai kostum yang hanya dihiasai nomor punggung tanpa nama ataupun pesan tertentu.

Tanpa Pesan

Menariknya, bintang top Los Angeles Lakers, LeBron James, dipastikan akan tetap memakai kostum yang lengkap dengan nama dan nomor punggung. Begitu juga dengan dua rekan setimnya, Anthony Davis dan Kentavious Caldwell-Pope, serta guard Houston Rockets, Austin Rivers.

R
Penulis
Rijal Al Furqon