news
LIGA INGGRIS
Firmino Hanya Punya 90 Menit untuk Mengubah Rapor Golnya yang Buruk di Anfield
15 July 2020 09:19 WIB
berita
Penyerang Liverpool, Roberto Firmino, memburu gol kandang -Topskor.id/Grafis: Jupri Lubis
LIVERPOOL – Roberto Firmino hanya memiliki waktu 90 menit untuk melengkapi musim ini dengan catatan gol kandang. Bobby—panggilan Firmino—hanya punya satu kesempatan yaitu saat Liverpool menjamu Chelsea dalam laga 22 Juli nanti.

Saat itu, Liverpool akan merayakan gelar Liga Primer yang sudah mereka raih, di Stadion Anfield dalam pertandingan pekan ke-37 tersebut.




Baca Juga :
- Bocoran Transfer Willian ke Arsenal, Pemain Chelsea Itu Sudah Pakai Jersey The Gunners
- Liga Primer Terapkan Aturan Baru Musim Depan. Pemain yang Sengaja Batuk di Depan Wajah Lawan Akan Diganjar Kartu Merah


Ya, jika dia mampu mencetak gol di Anfield, itu akan membuat musim ini semakin sempurna bagi Firmino dari sisi pencapaian individu.

Musim ini memang milik Liverpool. Di bawah asuhan Juergen Klopp, Liverpool mengakhiri penantian 30 tahun untuk meraih gelar Liga Primer.


Baca Juga :
- Tolak Tawaran Kontrak Baru Chelsea, Willian Malah Nyeberang ke Rivalitas London
- Bahu Terkilir di Laga Terakhir Chelsea, Pedro Tunda Debut Bersama Roma


Ada sejumlah fakta yang unik dari sukses The Reds, di antaranya rapor Bobby yang tidak pernah mencetak gol dalam laga kandang.

Dari delapan gol yang diciptakan Firmino di Liga Primer musim ini, memang tidak satu pun diciptakan di Stadion Anfield.

Ini menjadi fakta yang menarik perhatian di antara sukses The Reds pada 2019/20. Apalagi jika meliht rapor mereka dalam pertandingan kandang.

Dari 18 laga kandang, Liverpool berhasil meraih 17 kemenangan, tapi tidak satu pun ada gol Firmino dari kemennagan di Anfield tersebut.

Meski bukan sebuah masalah, tapi ini membuat Firmino menjadi perhatian. Pemain 28 tahun ini pun tampaknya selalu berusaha mencetak gol dalam setiap pertandingan.

Keinginannya untuk mengubah rapor tersebut dapat dilihat dari laga terakhir, pekan lalu saat imbang 1-1 ketika menjamu Burnley.

Ada tembakan Firmino yang mengenai tiang gawang dan hasil ini menjadi yang pertama Liverpool tidak dapat meraih poin penuh di kandang.

Di sisi lain total golnya sepanjang musim ini yang 11 gol dalam semua ajang, dinilai masih sangat jauh jika melihat posisinya sebagai false nine.

Ada 20 kesempatan yang dimiliki Firmino musim ini untuk mencetak gol tapi dia gagal memanfaatkannya.

Itu membuatnya berada di urutan ketiga sebagai pemain yang paling banyak melewatkan peluang, di bawah Tammy Abraham (Chelsea) dan Gabriel Jesus (Manchester City), 22 peluang.

Malam ini, Liverpool akan tandang menghadapi Arsenal. Bagi Firmino, mencetak gol dalam laga tandang ini bukan sebuah persoalan tentunya.

Yang dinantikan adalah laga setelah lawan Arsenal yaitu menghadapi Chelsea. Laga pekan ke-37 tersebut merupakan momen perayaan Liverpool mengangkat trofi Liga Primer dan akan lebih sempurna jika sebelumnya ditandai dengan gol Firmino di Anfield.

Klopp sendiri tidak menjadikan rapor Firmino yang tanpa gol sebagai persoalan. Menurut pelatih asal Jerman ini, Liverpool sangat membutuhkan Firmino untuk karakter permainannya yang mampu menjadi koneksi dan pengganggu bek lawan.

“Kami tidak pernah memikirkan soal itu (Firmino yang tanpa gol di Anfield). Karena Firmino memang bermain sangat luar biasa dan kami tidak bisa menilai Firmino hanya dari gol yang diciptakannya,” kata Klopp.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat