news
INFOGRAFIS
INFOGRAFIS: Jelang Tottenham vs Arsenal, Rapor Mikel Arteta Lebih Baik dibanding Mourinho
12 July 2020 14:34 WIB
berita
Pelatih Tottenham, Jose Mourinho (kanan) dan pelatih Arsenal, Mikel Arteta akan berhadapan malam ini -Topskor.id/Grafis: Mad Yono
LONDON – Duel Tottenham Hotspur vs Arsenal, malam ini, mempertemukan Jose Mourinho dan Mikel Arteta.

Walau derby London ini akan berjalan dengan posisi kedua tim yang di luar empat besar, namun laga Liga Primer pekan ke-35 ini menjadi tetap menarik karena faktor kedua sosok pelatih tersebut.




Baca Juga :
- Bocoran Transfer Willian ke Arsenal, Pemain Chelsea Itu Sudah Pakai Jersey The Gunners
- Liga Primer Terapkan Aturan Baru Musim Depan. Pemain yang Sengaja Batuk di Depan Wajah Lawan Akan Diganjar Kartu Merah


Baik Mourinho dan Arteta salah satu yang menarik perhatian dari berjalannya musim 2019/20 ini di Liga Primer. Keduanya datang sebagai pelatih baru di klubnya masing-masing.

Mourinho, lebih dulu mengambil tugas sebagai pelatih menggantikan Mauricio Pochettino. Pelaith asal Portugal ini resmi diperkenalkan pada 20 November 2019 lalu.


Baca Juga :
- "Saya Jose, Bukan Hose!" Mourinho Ajari Para Pemain Tottenham Cara Mengucapkan Namanya dengan Benar
- Tolak Tawaran Kontrak Baru Chelsea, Willian Malah Nyeberang ke Rivalitas London


Sedangkan Arteta resmi melatih The Gunners sebulan kemudian, tepatnya 20 Desember 2019 menggantikan Unai Emery.

Karena itulah, derby kali ini yang mempertemukan keduanya membuat rapor masing-masing menjadi sorotan. Jika melihat hasil pertandingan kedua klub, fakta bahwa kehadiran Mourinho justru belum memperlihatkan hasil positif.

Total, ada 31 pertandingan Tottenham di bawah kepelatihan Mourinho. Namun, dari jumlah tersebut, Spurs hanya mampu meraih 13 kemenangan, 8 kali imbang, dan mengalami 10 kekalahan.

Dengan demikian pula, persentase kemenangan Tottenham di bawah Mou hanya 41,94 persen. Terakhir, Harry Kane dan kawan-kawan hanya imbang tanpa gol lawan Bournemouth, Jumat lalu.

Di sisi lain, dari lima laga sepanjang kompetisi Liga Primer kembali bergulir, Tottenham hanya mampu meraih dua kemenangan yaitu saat mengalahkan Everton dan sebelumnya mengalahkan West Ham.

Bandingkan dengan pencapaian Arteta sejak kali pertama resmi sebagai pelatih The Gunners. Total ada 22 pertandingan Arsenal bersama mantan pemain The Gunners ini.

Dari jumlah tersebut, mantan tangan kanan Josep Guardiola di Manchester City ini membawa timnya meraih 12 kemenangan, 6 kali imbang, dan hanya empat kali kalah. Persentase kemenangan mencapai 54 persen.

Dengan rapor tersebut, fakta bahwa Mourinho kembali berada dalam situasi sulit sebagai pelatih. Rapor tersebut memperlihatkan pula Arteta lebih baik dibandingkan dengan Mou meski dengan jumlah laga yang lebih sedikit.

Performa Arsenal belakangan ini pun meningkat. Dari enam laga setelah kompetisi kembali bergulir, Arteta membawa timnya meraih empat kemenangan dan mengalai dua kekalahan. Terakhir, The Gunners imbang lawan Leicester City, 1-1 pada 7 Juli lalu.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat