news
LIGA INGGRIS
Liverpool Mungkin Merekrut Kembali Coutinho Jika Dia Minta Maaf Atas Kepindahannya ke Barcelona
09 July 2020 11:25 WIB
berita
Philippe Coutinho dan Juergen Klopp - TopSkor/Istimewa
LIVERPOOL – Liverpool kemungkinan merekrut kembali Philippe Coutinho dari Barcelona musim panas ini jika dia mau meminta maaf atas kepergiannya pada 2018. Pendapat ini dilontaran mantan striker sekaligus kapten Aston Villa, Gabriel Agbonlahor.

Playmaker 28 tahun itu tampil cukup meyakinkan sebagai pinjaman di Bayern Muenchen musim ini. Tapi, kepastian perekrutan Leroy Sane dari Manchester City beberapa hari yang lalu menutup kemungkinan Die Bayern mempermanenkan kontraknya.




Baca Juga :
- Fan Liverpool Mendesak Juergen Klopp Buru-buru Mendatangkan "Si Lincah'' dari Watford Ini
- "Menantu Sempurna." Iker Casillas Satu dari Sedikit Legenda Real Madrid yang Disukai Suporter Barcelona


Barcelona yang hanya memakai jasa Coutinho selama satu setengah musim setelah membelinya dari Liverpool pada Januari 2018 juga tidak punya tempat lagi buat sang pemain. Karenanya, Los Azulgrana berharap bisa menjualnya musim panas ini dengan harga minimal 105 juta paun (Rp1,9 triliun), sama dengan yang mereka habiskan saat membeli pemain itu dari Liverpool.

Tapi, Barcelona akan kesulitan menemukan klub yang bersedia membeli Coutinho dengan harga sebesar itu dalam situasi krisis seperti sekarang. Apalagi, reputasi mantan pemain FC Internazionale itu sekarang sudah jauh menurun.


Baca Juga :
- Juergen Klopp dan Pep Guardiola Tergeser Oleh Pelatih Klub Kasta Keempat Liga Inggris dalam Daftar Pelatih Terlama
- Pochettino Siap Melatih Barcelona


Meski begitu, Agbonlahor berpendapat Liverpool seharusnya mau menampung Coutinho kembali karena dia sudah terbukti cocok dengan gaya bermain yang diterapkan pelatih Juergen Klopp.

“Buat saya, saya akan pergi ke sana dan merekrut Coutinho kembali,” kata Agbonlahor kepada Stadium Astro.

“Saya mungkin akan bilang, ‘kamu harus meminta maaf atas cara kamu meninggalkan kami, tapi kembalilah kepada kami.’

“Buat saya, dia adalah pemain yang dibutuhkan Liverpool. Kita bahkan bisa memainkan Coutinho di posisi (Roberto) Firmino jika Firmino absen. Jika melihat cara Firmino bermain, dia seolah diberi instruksi oleh (Sadio) Mane dan (Mohamed) Salah, ‘biarkan kami yang melepaskan tembakan.’

“Jadi, jika kita mendatangkan pemain lain seperti (Pierre-Emerick) Aubameyang, saya pikir itu akan mengganggu cara bermain Liverpool karena Salah dan Mane tidak akan bisa melepaskan banyak tembakan seperti yang selama ini mereka lakukan karena Firmino sangat tidak egois.

“Coutinho harus menjadi pemeran utama dalam tim ini, dan di Liverpool, dia bisa memainkan peran itu.

“Saya pikir dia akan bekerja dengan sangat baik di Liverpool dan para suporter akan memaafkan dia dan menerimanya kembali.”

Coutinho memang telah menyakiti fan Liverpool dan pelatih Juergen Klopp saat dia memaksa hijrah ke Barcelona dua setengah tahun yang lalu.

“Bukan rahasia lagi bahwa Philippe ingin transfernya (ke Barcelona) terjadi sejak Juli (2017) saat Barcelona pertama kali menawarnya,” ujar Klopp usai transfer Coutinho pada Januari 2018.

“Philippe menegaskan kepada saya, pemilik klub, bahkan kepada rekan-rekan setimnya bahwa ini adalah transfer yang sangat diinginkannya.

“Meski begitu, kami berhasil mempertahankan pemain itu hingga melewati bursa transfer musim panas  (2017) dengan harapan kami akan bisa membujuknya untuk bertahan dan menjadi bagian dari apa yang menjadi target kami.

“Saya bisa bilang kepada suporter Liverpool bahwa kami telah melakukan segalanya untuk meyakinkan Philippe bahwa menjadi bagian dari tim ini sama menariknya dengan pindah ke Spanyol. Tapi, dia 100 persen yakin bahwa masa depan dia dan keluarganya ada di Barcelona.

“Itu adalah impiannya selama ini dan saya sekarang yakin bahwa kami tidak bisa berbuat apa-apa lagi untuk mengubah pikirannya.”

R
Penulis
Rijal Al Furqon