news
MOTOGP
Mundurnya GP Amerika Serikat, Membuka Kesempatan Thailand, Malaysia, dan Argentina
09 July 2020 11:15 WIB
berita
GP Amerika Serikat/ Foto Motosportstravel
MOTOGP 2020 dipastikan tak akan menggelar Grand Prix (GP) Amerika Serikat (AS) setelah pengelola Sirkuit Austin memilih mundur karena pandemi virus corona (Covid-19).

Melalui Twitter, pengelola Sirkuit Austin memberikan konfirmasi bahwa mereka tidak akan ikut serta pada MotoGP 2020 dan akan kembali menggelar balapan pada tahun depan.




Baca Juga :
- Sean Gelael Juga Bermasalah dengan Ban di F2 GP Inggris 2020
- Calhanoglu Tolak Perpanjangan Kontrak di Milan tapi Masih Bisa Dibujuk, Semoga Mau


Tentu saja hal ini membuat banyak pihak kecewa, karena balapan di Sirkuit Austin menjadi salah satu gelaran yang spesial bagi pencinta MotoGP.

Terlebih, Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP telah memberikan ruang pada November dan awal Desember untuk balapan di luar Eropa.


Baca Juga :
- Milan Bergerak Lagi, Berburu Gelandang Benfica Ini Dilanjutkan dan Mulai Negosiasi
- Sudah Digambar! Rumah Fabinho Kemalingan saat Pesta Juara, Perhiasan-Mobil Audi Raib


“The Horsepower Rodeo akan kembali pada tahun depan untuk GP Red Bull Amerika yang lebih baik dan lebih besar pada 16-18 April 2021,” tulis pihak pengelola dalam Twitter Circuit of the Americas (COTA).

Pengelola Sirkuit Austin menjadi yang pertama mengumumkan jadwal bahwa mereka akan kembali menggelar balapan MotoGP pada tahun depan.

“Pada tahun ini, acara yang direncanakan pada 13-15 November harus dibatalkan. Pemegang tiket akan menerima email untuk informasi lebih lanjut,” ujar pihak pengelola.

GP Amerika Serikat menjadi gelaran kesembilan yang resmi dibatalkan akibat Covid-19, setelah Qatar, Jerman, Belanda, Inggris, Finlandia, Jepang, Italia, dan Australia.

Kasus virus corona yang terus mengalami peningkatan di negara bagian Texas membuat balapan MotoGP Amerika Serikat semakin diragukan.

Tak ingin mengulangi kesahalan Australia yang membatalkan balapan tepat pada hari berlangsungnya balapan, pengelola Sirkuit Austin mengambil langkah berani.

Dorna Sports sebenarnya sangat ingin menggelar balapan di luar Eropa demi memberikan sensasi berbeda, meski dalam keterbatasan.

Mundurnya GP Amerika Serikat, membuka kesempatan bagi Thailand, Malaysia dan Argentina untuk mengisi slot yang tersisa.

Dorna bakal menunggu konfirmasi dari ketiga negara tersebut hingga 31 Juli. Diharapkan, pada akhir bulan ini akan ada pengumuman jadwal tambahan.

Tetapi, keputusan tersebut akan dibuat dengan sangat hati-hati, karena Dorna ingin penonton bisa hadir di sirkuit jika balapan digelar di luar Eropa.

Selain itu, seluruh pembalap dan staf tim MotoGP tak mengalami kendala saat berpergian ke luar Eropa karena aturan pembatasan wisatawan.*MUHAMMAD FADLI RAMADAN/04

R
Penulis
Rizki Haerullah