news
LIGA ITALIA
Kejar Gol Immobile, Ronaldo Bisa Torehkan Rekor Unik
08 July 2020 12:10 WIB
berita
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, memburu gelar pencetak gol terbanyak Seri A -Topskor.id/Instagram
TURIN – Gol Cristiano Ronaldo ke gawang AC Milan memang tidak cukup membawa Juventus meraih kemenangan atau menghindari kekalahan. Namun, gol itu cukup untuk menjaga peluangnya bersaing meraih gelar pencetak gol terbanyak Seri A 2019/20 atau Capocannonieri.

Dengan satu gol ke gawang Milan, Selasa (7/7) atau Rabu dini hari WIB, tersebut CR7 kini telah mengoleksi 26 gol di Seri A hingga pekan ke-31. Mantan pemain Real Madrid ini tertinggal tiga gol dari Ciro Immobile (Lazio), yang masih memimpin dengan 29 gol.




Baca Juga :
- Valencia Minati Reina, Milan Beri Respons Begini
- Tak Sanggup Lagi Bayar Gajinya yang Sangat TInggi, Juventus Tawarkan Cristiano Ronaldo ke Sejumlah Klub Termasuk Barcelona


Dengan sisa tujuh pertandingan, peluang bintang asal Portugal tersebut menyalip Immobile masih sangat terbuka.

Jika di akhir musim ini Ronaldo mampu melakukannya, mesin gol berusia 35 tahun tersebut akan mencatat rekor unik yaitu pemain pertama dalam sejarah yang mampu meraih gelar top scorer di tiga dari lima liga besar Eropa.


Baca Juga :
- Faktor Andrea Pirlo yang Membuat Arturo Vidal Bisa Kembali ke Juventus
- Tidak Kapok Kerap jadi Cadangan, Isco Pilih Bertahan di Madrid


Dalam kariernya, Ronaldo pernah menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Primer ketika masih bermain untuk Manchester United (MU). Gelar tersebut diraihnya pada 2007/08 setelah mencatatkan 31 gol.

Saat itu dia bersaing dengan Fernando Torres (Liverpool) dan Emmanuel Adebayor (Arsenal), yang masing-masing mencetak 24 gol.

Selanjutnya, produktivitas CR7 sebagai mesin gol mendominasi ketika bergabung ke Real Madrid. Ronaldo berhasil menjadi pencetak gol terbanyak La Liga (Pichichi) tiga kali yaitu pada 2010/11, 2013/14, dan 2014/15.

Pada 2010/11, Ronaldo mengoleksi 41 gol dari 34 laga. Lalu dalam dua musim beruntun (2013-2015), CR7 meriah gelar tersebut dengan mencetak 31 gol dari 30 laga dan 48 gol dari 35 laga.

Karena itu, musim ini, dia bisa menjadi pemain pertama yang menjadi pencetak gol terbanyak di tiga negara liga besar Eropa.

Saat ini, hanya ada dua pemain seperti Ronaldo yang mampu meraih gelar top scorer di dua liga besar Eropa. Yang pertama adalah Ruud Van Nistelrooy ketika meraih gelar tersebut bersama Madrid pada 2006/07.

Sebelumnya, Nistelrooy meraih gelar ini bersama MU di Liga Primer pada 2002/03. Pemain kedua yang meraih dua gelar pencetak gol terbanyak di dua liga besar adalah Luis Suarez. Pertama meraihnya bersama Liverpool pada 2013/14 dan kedua dengan Barcelona pada 2015/16.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat