news
LIGA 1
Kesan Pertama di Persija Bikin Gustavo Chena Bertahan di Indonesia Selama 17 Tahun
06 July 2020 13:06 WIB
berita
Gustavo Chena (kedua dari kanan) dalam salah satu laga pada musim 2005 melawan Persib Bandung -Topskor/id/Ady Sesotya
JAKARTA- Gustavo Roberto Chena salah satu pemain asing legendaris yang pernah dimiliki Persija Jakarta.

Meski tak lama, hanya dua musim membela tim Macan Kemayoran (2003-2005), namun kesan pertama di Persija membuat alumni Boca Juniors tersebut begitu mencintai Indonesia.




Baca Juga :
- Temui Bupati Bantul, Manajemen Bali United, Persija dan PSM Ungkap Alasan Pilih Stadion Sultan Agung
- Persija, Bali United, dan PSM Sowan ke Bupati Bantul Sebelum Gunakan Stadion Sultan Agung


Chena yang saat ini berusia 37 tahun sudah tinggal di Indonesia selama hampir 17 tahun. Setelah mengakhiri karier sebagai pemain, Chena pun ingin melanjutkan karier menjadi pelatih di klub Indonesia.

"Sampai di Bandara Soekarno Hatta kami dijemput langsung oleh ratusan the Jakmania.
Dan saat itu saya langsung berpikir, ya benar ini (Persija) adalah klub besar," kata Chena dalam wawancara di YouTube TopSkor.id.


Baca Juga :
- Video Call Terakhir Dino Sefriyanto dengan Almarhum Satia Bagdja Ijatna
- Pengakuan Bek Persija Jakarta Otavio Dutra Setelah Dirinya Tidak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia


Menurut Chena, dirinya tidak mengalami kesulitan berarti dalam hal adapatasi. Suasana kota Jakarta dan hiruk pikuk sepak bola Indonesia tak berbeda jauh dari negara asalnya Argentina.

"Saya sangat senang saat pertama kali datang ke sini. Awalnya tidak berpikir sampai ke situ bahwa Indonesia sepak bolanya luar biasa," Chena mengatakan.

"Di sini di mana-mana stadion penuh, suasana Stadion Lebak Bulus luar biasa. Apalagi GBK,  the Jakmania sangat 'gila' itu yang membuat saya sangat senang. Stadion selalu penuh mirip dengan Boca Juniors, hampir 50 ribu penonton setiap pertandingan memenuhi Tribune," kaanya lagi.

Chena pun tak lupa dengan sosok yang membawanya ke Indonesia. Tidak banyak pertimbangan yang dia pikirkan saat mendapatkan tawaran bermain di Indonesia bersama Persija.

"Orang yang menawarkan pertama kali bermain di Indonesia saya masih ingat, dia manajer Persija IGK Manila. Dia berangkat ke Argentina untuk cari pemain," kata Chena.

"Dia kemudian dapat pelatih dan beberapa pemain. Waktu itu pelatihnya Carlos Maria Garcia Cambon. Dia juga jadi perantara saya, dia bilang ada tawaran dari klub Indonesia, dia ingin bawa saya dan saya terima tawaran itu," Chena menegaskan.

news
Penulis
Furqon Al Fauzi
For me, Everyday it's a Game Day....