news
LIGA 1
Cerita Bio Paulin Saat Kena Semprot Jacksen F. Tiago di Persipura Jayapura
04 July 2020 12:25 WIB
berita
Bio Paulin/ Foto IG Bio Paulin
TANPA mengesampingkan jasa besar Ivan Kolev yang membuka jalur Bio Paulin untuk bergabung dengan klub impiannya, Persipura Jayapura. Bio juga tak pernah melupakan “sentuhan tangan dingin” Jacksen F.Tiago yang banyak memberikan pengaruh dalam permainannya.

“Ada yang bilang dia suka marah. Tapi, setelah saya bekerja sama dengan dia. Kinerjanya luar biasa. Dia selalu disiplin dan dia mau juara setiap hari,” ujar Bio Paulin.




Baca Juga :
- Belum Pernah Kebobolan di Liga 1 2020, Inilah yang Dilakukan Pelatih Kiper Persiraja
- Pelatih PSCS Cilacap Sebut Timnya Tak Tambah Pemain di Liga 2 2020


Mungkin di lapangan Jacksen juga terbilang sangat tegas. Khususnya, saat memberikan materi latihan di lapangan.

“Jika kami tidak melakukannya, dia bisa mmmmmmgghh (geram),” ujar Bio Paulin menirukan gaya Jacksen F. Tiago ketika marah.


Baca Juga :
- PSSI Tegaskan Jadwal Piala Asia U-19 dan U-16 Tidak Berubah
- Ketua Umum PSSI: Pelatih Timnas Akan Ubah Program Latihan Terkait Mundurnya Kualifikasi Piala Dunia


Di bawah asuhan Jacksen F. Tiago di Persipura, Bio Paulin seperti menemukan semua impiannya. Tiga gelar Liga Indonesia: 2008/09, 2010/11, dan 2013 berhasil Bio raih bersama Persipura.

Bersama Persipura Jayapura, Bio juga meraih juara pada ajang Indonesia Soccer Championship A 2016, Indonesia Community Shield 2009, dan Indonesia Inter Island Cup 2011. Bukan hanya itu, Bio juga mendapatkan istri orang asli Jayapura dan dikaruniai anak.

“Kalau saya buat salah, dia biasa sumpah serapah. Bioooo…Bigman…(teriak). Itu biasa,” kata Bio Paulin.

Namun, bek naturalisasi berdarah Kamerun itu menilai Jacksen F. Tiago adalah pelatih yang luar biasa. Jacksen terkenal dengan dengan semua pemain. Ia mampu menjaga ruang ganti Persipura tetap hangat.

“Dia selalu utamakan kekeluargaan. Dia juga tidak bedakan pemain muda dan senior. Dia selalu bicara dengan pemain, cerita, dan curhat. Dia sangat dekat. Itu kelebihannya coach Jacksen,” ujar Bio Paulin.

“Tapi, dia tegas. Dia mau timnya menang. Motivasinya luar biasa. Apalagi kalau di ruang ganti, selalu teriakan semangat, kami biasa bernyanyi. Jadi ketika kami masuk lapangan semua sudah full semangatnya.”

R
Penulis
Rizki Haerullah