news
UMUM
Ini! Empat Lapangan Pendamping di Kota Bandung yang Diminta FIFA Segera Menyerahkan Laporan untuk Disetujui
04 July 2020 09:04 WIB
berita
Kondisi Arcamanik Stadium yang biasa digunakan latihan Persib, diminati FIFA untuk lapangan pendaming Si Jalak Harupat. Topskor/Arief NK
BANDUNG -  Induk sepakbola dunia FIFA menetapkan  empat  lapangan olahraga di Kota Bandung yang diajukan PSSI sebagai pendamping sarana latihan  (training sites)  World Cup U-20/ 2021.

 Keempat lapangan itu   dituangkan oleh FIFA  ke dalam lembaran yang disebut Feedback on Venue Reports (laporan balik tentang venue). Surat tersebut oleh FIFA  dilayangkan  kepada PSSI tertanggal 17 Juni 2020.




Baca Juga :
- Pemkot Bandung Izinkan Stadion GBLA Jadi Home Base Persib di Liga 1 Musim Ini
- Pelatih PSCS Cilacap Sebut Timnya Tak Tambah Pemain di Liga 2 2020


Keempat lapangan yang tercantum dalam Feedback on Venue Reports tersebut adalah,  Lintasan Atletik Pajajaran, Lapangan Arcamanik. Stadion Siliwangi dan terakhir Sarana Olahraga (SARAGA)  ITB.

Selanjutnya, keempatnya   oleh FIFA disarankan untuk menyerahkan data-data dan  segala sesuatu  yang menyangkut kebutuhan dan kepentingan bagi perhelatan Piala Dunia U-20 tahun depan.


Baca Juga :
- 36 Klub Eks Anggota Persib Tidak Ada yang Mempermasalahkan Saham di PT PBB
- Persib Agendakan Empat Sampai Enam Uji Coba Sebelum Liga 1 Digelar


 Berbeda – beda para pengelola keempat lapangan itu, berbeda pula persyaratan yang diminta FIFA kepada keempat lapangan yang akan digunakan untuk latihan tersebut.

Lapangan Pajajaran yang dikelola oleh Pemkot Bandung dan SARAGA ITB yang berada dibawah pengelolaan Yayasan ITB,  diminta diplot tiga kriteria yang harus segera dilaporkan kepada FIFA.

Lalu, Arcamanik Stadium yang pengelolaannya oleh Pemprov Jabar dan Stadion Siliwangi yang berada di bawah pemeliharaan Kodam III Siliwangi, memiliki empat kriteria yang juga harus segera diserahkan  kepada FIFA.

Namun belakangan Stadion dibatalkan lantaran pengelolaannya dibawah kesatuan. Pihak Pemkot Bandung pun segera turun tangan untuk mencari sarana lainnya sebagai pengganti Stadion Siliwangi atau alternatif lainnya. Bahkan,  Wakil Walikota yang juga Ketua Umum Askot PSSI Bandung, Yana Mulyana, telah mengintruksikan kepada jajaran pengurus Askot untuk segera mencari informasi terkait empat sarana olahraga sebagai pendamping di Jalak Harupat (SJH).

“Pak Walikota mendapat kontak dari Ketua Umum PSSI, Pak Iriawan. Beliau (M. Iriawan) menelpon untuk meminta informasi kepada Pak Walikota tentang stadion pendamping di Kota Bandung untuk kepentingan sarana latihan pelaksanaan  World Cup 2021 nanti, baik tentang GBLA, Arcamanik, Lapangan Progresif atau alternatif lainnya,” kata Yana seperti disampaikannya melalui WhatsApp (WA). *

Berikut Daftar Kriteria Empat Sarana Olahraga Pendamping Yang Harus Dilaporkan kepada FIFA :

Jati  PAJAJARAN

1.Menyerahkan rencana perawatan secara rinci

2. Menyerahkan sertifikasi lampu penerangan beserta hasil tesnya

3. Menyerahkan peta ruang ganti

 

ARCAMANIK Stadium

1.Menyerahkan rencana perawatan secara rinci

2.Menyerahkan  dimensi yang sesuai standar internasional

3.Menyerahkan sertifikasi lampu penerangan beserta hasil tesnya

4.Menyerahkan  peta ruang ganti

 

SILIWANGI Stadium

1.Menyerahkan rencana perawatan secara rinci

2.Menyerahkan sertifikasi lampu penerangan beserta hasil tesnya

3.Menyerahkan  sertifikat lampu sorot terbaru termasuk hasil tes

4. Menyerahkan peta ruang ganti

SARAGA  ITB

1.Menyerahkan rencana perawatan secara rinci

2.Menyerahkan  sertifikasi lampu penerangan beserta hasil tesnya

3.Menyerahkan informasi terperinci tentang rencana perbaikan ruang ganti berikut  parameter pembiayaan

 

 

 

 

 

 

A
Penulis
Arief N K