news
LIGA 1
Kemenpora: Restu Gugus Tugas adalah Kunci Kompetisi Liga Bisa Dilanjutkan
30 June 2020 17:32 WIB
berita
Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan terkait olahraga dan kesehatan di tengah pandemi corona -Topskor.id/Dok. Kemenpora
JAKARTA - PSSI telah menetapkan rencana kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 secara berurutan akan kembali digulirkan mulai Oktober mendatang.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) dengan nomor, SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi dalam Keadaan Luar Biasa tahun 2020 yang dirilis oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Minggu, pekan lalu.




Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Empat Petinggi Klub Liga 1 Ungkap Alasan Menolak Kompetisi Dilanjutkan
- Pengakuan Mengejutkan Rizky Ridho: Dulu Bonek, Kini Jadi Pemain Utama Persebaya


Terkait hal ini pula, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan bahwa kegiatan kompetisi tetap harus mengacu pada izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Zainuddin Amali sendiri sudah mengetahui tentang SK kelanjutan kompetisi yang dikeluarkan oleh PSSI. "Kalau ada cabor (cabang olahraga) yang sudah mengumumkan akan memulai kembali (kompetisi), misalnya September-Oktober, belum tentu juga. Karena tetap menunggu izin kegiatan dari Gugus Tugas," ujar Zainudin Amali.


Baca Juga :
- Bukan Liverpudlian, Aryn Williams Sebut Liga Inggris Masih Greget Meski Liverpool Sudah Juara
- Kaki Striker Bali United Ini Sudah Gatal Ingin Kembali Merumput di Liga 1


Lebih lanjut, dikatakan politikus Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut, Gugus Tugas memiliki peran yang sangat penting dan keputusan mereka mutlak untuk ditaati.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mempunyai tanggung jawab dalam memutuskan apakah suatu kegiatan olahraga yang melibatkan banyak orang seperti kompetisi bisa diselenggarakan atau tidak.

Hal itu juga tergantung dari perkembangan kasus virus corona dalam beberapa bulan ke depan. Jika grafik kasus melandai, lampu hijau kemungkinan akan diberikan oleh tim Gugus Tugas.

Namun jika belum mendapat lampu hijau atau perizinan dari Gugus Tugas nasional, bukan tidak mungkin rencana PSSI memutar kembali kompetisi menemui kendala.

"Gugus Tugas ini saya tempatkan dalam posisi menentukan kegiatan olahraga bisa berjalan atau tidak. Karena kami dari Kemenpora hanya bisa membuat panduan secara umum," Zainuddin Amali melanjutkan.

"Yang paling tahu tentang situasi pandemi ini sudah mereda, kurvanya landai atau turun, ya Gugus Tugas. Setiap ada permohonan, kami teruskan ke Gugus Tugas," Zainudin Amali menambahkan.

Meski demikian, Zainudin Amali juga tidak menutup kemungkinan untuk mengizinkan beberapa cabor memulai aktivitas seperti pelatnas.

Namun dengan persyaratan, setiap cabor yang akan berkegiatan harus mengajukan permohonan ke Kemenpora dan memiliki rancangan protokol yang jelas, serta sudah dipelajari dan diizinkan oleh Gugus Tugas.*01

news
Penulis
Furqon Al Fauzi
For me, Everyday it's a Game Day....