news
TOP FEATURE FOOTBALL
Ini 15 Tumit Seksi yang Menyihir dalam Sepak Bola
30 June 2020 12:12 WIB
berita
Alfredo Di Stefano pada masanya pernah mencetak gol tumit untuk Real Madrid pada 1954 lawan Valladolid -Topskor.id/Marca
MADRID – Umpan (assist) Karim Benzema yang menggunakan tumit kaki kanan dalam laga lawan Espanyol, menambah daftar tentang keunikan sepak bola.

Tidak setiap pemain mampu melakukannya dan tidak semua yang melakukannya mampu membuat aksi tersebut berjalan dengan baik. Benzema salah satu yang berhasil melakukannya.




Baca Juga :
- Ciro Immobile: Jika Saya Tidak Bermain, Saya seperti Anak Kecil yang Tanpa Mainan
- Kiper Lazio, Pepe Reina, Melewati Rekor Laga Xavi Hernandez di Kompetisi Eropa


Umpan tumit tersebut menjadi semakin sempurna karena dengan aksi bintang asal Prancis tersebut, yang membuat terciptanya satu-satunya gol, penentu kemenangan Real Madrid atas Epanyol, dalam laga Minggu (28/6) lalu.

Apalagi, kemenangan di Stadion Cornella El Prat itu membuat Madrid memimpin dan menambah jarak keunggulan dua poin atas Barcelona yang ada di posisi kedua.


Baca Juga :
- Haaland Makin Ganas, Menyalip Ronaldo dan Zidane
- Giuseppe Bergomi Menilai AC Milan Lebih Meyakinkan ketimbang Juventus, sementara Inter Milan Terlalu Lamban


“Gol yang saya ciptakan adalah golnya Karim,” kata Carlos Casemiro sang pencetak gol yang menerima assist tumit Benzema itu, mencoba menyampaikan kekagumannya terhadap aksi rekan setimnya tersebut.

Ya, assist yang indah, unik, dan “seksi”, disempurnakan pula dengan kemenangan timnya karena aksi tersebut. Benzema melakukannya dengan tenang ketika dirinya mendapatkan pengawalan dari bek Espanyol, Bernardo Espinosa.

Dengan tubuh yang membelakangi lawannya, Benzema mengayunkan kaki kanannya sedikit menyilang, menendang bola yang dikuasainya dengan tumit. Bola tersebut bergulir di antara kedua kaki Espinosa yang sempat tertegun.

Ketika itulah, Casemiro yang juga mendapat kawalan dari pemain Espanyol, menyambar bola umpan tersebut, mengoyak gawang Espanyol.

“Assist tersebut untuk mereka yang sangat mengerti tentang sepak bola,” kata Benzema, mengomentari aksinya. Mantan bintang Lyon ini memang sempat menyampaikan dalam sejumlah kesempatan bahwa meski sebagai penyerang, tugasnya bukanlah mencetak gol semata melainkan membantu rekan setimnya untuk mencetak gol.

Tapi, kali ini tentu saja yang dilakukan Benzema tidak hanya sekadar assist melainkan assist yang spesial. Taco, demikian biasanya sepak bola Spanyol menyebut umpan atau gol lewat tumit, yang kemudian dikenal dengan Taconazos.

Benzema tentu hanya satu dari sejumlah pemain yang membuat kita terpana dengan aksi tumitnya. Jauh sebelumnya ada sejumlah aksi “tumit seksi” baik itu assist maupun gol, dalam sepak bola. Selain Benzema, berikut 14 tumit seksi di antaranya yang dirangkum Topskor.id:

1. Alfredo Di Stefano

Banyak gol yang telah diciptakan Alfredo Di Stefano, legenda Madrid. Dua di antaranya diingat dengan menggunakan tumit. Yaitu lawan Real Valladolid di ajang liga, tepatnya pada 1954. Setelah gol itu tercipta, publik pun membicarakan gol tersebut.

Di Stefano melakukannya dengan kaki kanan dengan tubuh melayang di udara. “Mungkin lebih dari ribuan orang yang membicarakannya, dan itu selalu disampaikan mereka dalam mengingat saya,” kata Di Stefano.

2. Johan Cruyff

Gol Johan Cruyff ke gawang Atletico yang menggunakan tumit membuat Barcelona menang 2-1 atas Atletico pada 1973/74, gol yang diciptakan di ajang liga. Gol tersebut jelas salah satu yang membuat Cruyff diingat bagi mereka yang mencintai sepak bola.

Sebuah umpan sedikit melambung dari rekannya di sisi kiri pertahaan lawan disambut legenda sepak bola Belanda ini Dia melompat seperti terbang dengan kaki lebih dulu dan kemudian menyepak bola tersebut dengan tumit kaki kanannya.

3. Rabah Majder

Rabah Madjer, bintang timnas Aljazair, menyihir penonton dengan ketengannya saat mencetak gol dengan tumit pada final Piala (Liga) Champions 1986/87.

Gol Rabah Madjer dengan tumit untuk Porto pada Piala (Liga) Champions 1987 -Topskor/asdiario

Gol tersebut yang membuat timnya, Porto, tampil sebagai juara. Madjer melakukannya persis di depan gawang dengan tubuh membelakangi. Bola yang mengarah kepadanya diteruskan dengan tenang hingga menjadi gol.

4. Fernando Redondo

Gelandang elegan dan selalu memberikan kejutan khususnya ketika berinisiatif dalam membangun serangan. Redondo melakukannya untuk Real Madrid dalam laga pertama menghadapi Manchester United (MU) pada 1999/00.

Saat itu, Redondo membawa bola tersebut hingga ke sisi kanan luar pertahanan lawan. Pemain asal Argentina ini kemudian melewati adangan bek MU, Henning Berg, dengan mengecohnya. Menggunakan tumit, dia menggulirkan bola di antara kaki Berg, lalu menguasainya dan memberikan bola tersebut untuk gol Raul Gonzalez.

Fernando Redondo ketika melewati adangan Henning Berg dengan menggunakan tumit, 1999/00 -Tospkor.id/Marca

5. Patrick Kluivert

Entah apa yang ada di kepala Patrick Kluivert ketika dia mencetak gol Mallorca dengan tumit pada 2002/03.

Ketika itu, Kluivert menerima umpan lambuang ke jantung pertahanan. Pemain asal Belanda ini kemudian membawanya, dan ketika berhadapan dengan kiper Mallorca, Leo Franco, Kluivert yang posisi badannya agak menyamping, memilih mencetak gol dengan tumit kaki kanannya.

6. Zlatan Ibrahimovic

Dalam kemelut di jantung pertahanan Italia, pemain Swedia, Zlatan Ibrahimovic melakukan sebuah aksi yang nyaris tidak mungkin.

Pada laga jelang laga akan berakhir, Ibra bereaksi dalam kemelut tersebut, melompat mengambil bola dengan menyepak ke sisi dalam dengan tumit kaki kanannya yang membuat kiper Italia, Gianluigi Buffon, terkejut.

Gol tersebut membuat Swedia lolos ke perempat final Piala Eropa dan membuat Italia tereleminasi.

7. Thierry Henry

Gol tumit Thierry Henry menjadi perdebatan karena dirinya sebelum mencetak gol tersebut dalam situasi atau posisi yang sangat sulit. Momen itu terjadi pada 2 Oktober 2004, saat lawan Charlton Athletic.

Bek Charlton, Jonathan Fortune, sangat dekat dalam menjaga Henry yang saat itu menjadi bintang Arsenal.

Henry dalam posisi membelakangi lawannya dan gawang Charlton. Dia menerima umpan Jose Reyes. Dalam situasi nyaris terjatuh karena dorongan Fortune, Henry dengan tenang menyepak bola tersebut dengan tumit kaki kanannya dan bola bergulir masuk ke gawang.

8. John Carew

Pada 23 November 2005, satu sepakan tumit John Carew membuat bola bergulir di antara dua kaki bek Madrid, Roberto Carlos dan membuat kiper Iker Casillas terkejut hingga terlembat bereaksi. Momen ini terjadi pada 23 November 2005 dalam laga Liga Champions antara Lyon lawan Madrid.

9. Guti Hernandez

Jose Maria Gutierrez atau Guti memperlihatkan koneksinya dengan Zinedine Zidane. Madrid ketika itu (2005/06) salah satu eranya Los Galactios. Dalam laga lawan Sevilla, Guti memberikan umpan tumit, umpan terobosan yang mengarah ke Zidane untuk kemudian diubah menjadi gol.

10. Guti Hernandez

Guti kembali membuat tumit seksi kali ini di Stadion Riazor pada 2009/10. Guti seperti memiliki mata di belakang kepalanya. Dia menerima umpan jauh dari rekannya dan membawanya ke jantung pertahanan La Coruna.

Saat sudah berhadapan satu lawan satu dengna kiper, Guti justru menyepak bola tersebut ke belakang dengan tumitnya. Dia melakukanya begitu yakin seolah tahu ada rekan di belakangnya.

Dan, memang, bola tersebut kemudian disambar Benzema. Situasinya memang sedikit mirim dengan aksi Benzema pekan lalu.

11. Theyab Awana

Boleh jadi konyol, atau mungkin juga dinilai tidak menghormati lawannya. Tapi, gol ini harus dimasukkan dalam gol tumit karena keunikannya.

Momen ini terjadi pada 2011. Sosok bernama Theyab Awana telah mengejutkan semua dengan penalti tendangan tumit. Memang, laga ini pun terjadi salam uji coba antara timnas Uni Emirat Arab dan Lebanon. Gol tersebut membuat UEA menang 5-2.

Pemain timnas Lebanon menyatakan bahwa yang dilakukan Theyab Awana tidak menghormati mereka. Menyedihkan lagi, Theyab Awana tewas beberapa bulan kemudian karena kecelakaan mobil yang tragis di Abu Dhabi.

12. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo membawa Madrid menang atas Rayo Vallecano pada 2011/12. Di laga tersebut, diawali dengan kemelut, bola liar kemudian dikejar Ronaldo dan dengan membelakangi gawang, dia menendang bola tersebut dengan tumitnya.

13. Antoine Griezmann

Aksi umpan Antoine Griezmann dalam kemenangan 5-2 pada laga tandang lawan Sevilla, 2017/18. Gol keempat Atletico di laga ini yang diciptakan Koke diciptakan setelah menerima umpan tumit dari Griezmann.

14. Luis Suarez

Gol Suarez untuk Barcelona dalam kemenangan 5-2 atas Mallorca. Gol ini yang kemudian membuat Suarez mengingatkan pendukung Barcelona dengan gol tumit yang diciptakan Patrick Kluivert.

Gol tersebut terjadi pada Desember 2019. Suarez pun melakukan aksi tersebut ketika diirnya sudah berhadapan dengan kiper. “Itu salah satu gol terbaik dalam karier saya,” kata Suarez.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat