news
TOP FEATURE FOOTBALL
Lagi, Seorang Pesepakbola Inggris Ungkap Jati Diri sebagai Pria Homoseksual
25 June 2020 15:35 WIB
berita
Thomas Beattie - TopSkor/Istimewa
MANTAN pemain Hull City, Thomas Beattie, mengungkapkan jati dirinya sebagai seorang gay dan menjadi pemain Inggris pertama yang membuat pengakuan itu sejak Justin Fashanu pada 1990.

Beattie yang berasal dari Yorkshire, mengatakan dirinya tidak bisa mengungkapkan identitasnya sebagai penyuka sesame jenis saat masih aktif bermain.




Baca Juga :
- Maguire ke MU, Hull City Ikut Kecipratan Untung, Begini Hitungannya
- Mendengar Kabar Pensiun Mason, Gary Cahill Merasa Hancur


Berbeda dengan Fashanu, Beattie yang bermain sebagai gelandang serang dan telah pensiun sejak 2015, tidak memiliki karier yang cemerlang sebagai pesepakbola profesional.

Pria 33 tahun ini pernah bermain di tim junior Hull, tapi tidak pernah mencicipi kompetisi level tinggi. Dia menghabiskan seluruh kariernya sebagai pemain profesional di luar Inggris, tepatnya di Kanada dan Singapura.


Baca Juga :
- Mantan Gelandang Tottenham Gantung Sepatu
-


Beattie, yang kini menjalankan bisnis di Singapura, adalah pemain sepak bola profesional keempat yang pernah bermain di Inggris yang mengungkapkan identitas sebagai pria homoseksual setelah Fashanu, pemain asal Jerman Thomas Hitzlsperger dan pemain asal AS Robbie Rogers.

Sementara itu, mantan pemain semiprofesional Liam Davis adalah satu-satunya pemain asal Inggris yang membuat pengakuan sebagai seorang gay saat masih aktif bermain pada 2010.

Dalam wawancara dengan Advocate, Beattie merasakan tekanan untuk merahasiakan orientasi seksualnya selama masih aktif bermain.

“Saya tidak pernah berpikir untuk mengungkapkan hal itu saat masih bermain,” kata Beattie.

“Saya merasa harus mengorbankan salah satu dari dua hal, siapa diri saya sebenarnya atau olahraga yang saya cintai sejak masih kecil.

“Saya menggunakan sepak bola sebagai bentuk pelarian dan olahraga ini menyelamatkan saya dengan berbagai cara hingga saya mencapai satu titik dalam kehidupan saya di mana kepribadian saya semakin berkembang. Saya bertahan di sana.

“Lingkungan masyarakat mengajari saya bahwa maskulinitas terkait dengan seksualitas. Karenanya, menjadi seorang atlet yang memainkan olahraga fisik terasa seperti kontradiksi.”

Beattie bergabung dengan tim junior Hull pada usia 10, tapi hijrah ke AS pada usia 19 lantaran mendapatkan beasiswa sepak bola.

Dia baru saja mengungkapkan jati dirinya sebagai gay kepada teman-teman dan keluarganya tiga bulan yang lalu dan berharap bisa memotivasi para pria homoseksual lainnya untuk lebih terbuka.

“Ini masih jadi proses yang baru buat saya,” kata Beattie. “Saya memberitahukan identitas saya kepada teman-teman dan keluarga saya tiga bulan yang lalu. Pada saat itu pula saya memutuskan untuk lebih terbuka soal jati diri saya.

“Sebagai seorang atlet, hal seperti itu itu adalah sesuatu yang tidak boleh dibicarakan. Itulah sebabnya saya ingin membagi cerita saya ini dengan harapan akan ada lebih banyak dukungan bagi orang-orang yang mengalami situasi yang sama.

“Saya baru mulai memberitahukan hal ini kepada beberapa teman lama saya yang telah bersikap luar biasa dan mereka tidak memperlakukan secara berbeda.”

Sebelumnya, striker sekaligus kapten Watford, Troy Deeney, pernah mengklaim bahwa dalam setiap tim sepak bola setidaknya ada seorang pemain homoseksual atau biseksual.

Mantan pemain Norwich City, Fashanu, adalah pesepakbola profesional pertama yang mengaku sebagai gay pada 1990 sebelum bunuh diri pada 1998.

Mantan gelandang Aston Villa dan West Ham United, Hitzlsperger, mengungkapkan jati diri sebagai gay pada Januari 2014, empat bulan setelah gantung sepatu.

Sementara itu, mantan pemain Leeds United, Rogers, mengaku sebagai gay pada Februari 2013 saat dia memutuskan pensiun sebelum kembali aktif bermain bersama LA Galaxy.

R
Penulis
Rijal Al Furqon