news
FORMULA 1
Daniel Ricciardo Antusias “Beradu Sikut” dengan Pembalap Paling Kacau Musim Lalu  
25 June 2020 09:50 WIB
berita
Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon Renault/ Foto Tim Renault
DALAM beberapa musim F1 terakhir, Daniel Ricciardo (30 tahun) hampir selalu mendapat rekan setim yang lebih muda dan itu menjadi hal menarik baginya.

Sejak Sebastian Vettel pergi dari Red Bull Racing pada akhir musim 2014, Daniel Ricciardo selalu dipasangkan dengan pembalap muda. Mulai Daniil Kvyat hingga Max Verstappen.




Baca Juga :
- Pembalap F1 Ricciardo Kecelakaan, Mobilnya Berantakan Menabrak Pembatas Lintasan
- Balap di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sean Gelael Berharap Insiden pada Balapan Pertama Tak Terulang


"Tradisi" ini berlanjut kala Ricciardo pindah ke Renault. Usai berduet dengan Nico Hulkenberg pada F1 2019, kini ia kembali mendapat pasangan yang lebih muda, yakni Esteban Ocon.

Daniel Ricciardo pun bakal merasakan pengalaman serupa saat ia memperkuat McLaren pada musim depan, F1 2021.


Baca Juga :
- Fernando Alonso: Juara Dunia Dua Kali Kembali ke F1 Gantikan Ricciardo di Renault
- Enam dari 20 Pembalap F1 Menolak Berlutut, Daniel Ricciardo Jelaskan Alasan Tidak Ikut Besama Lewis Hamilton


Pembalap asal Australia ini akan dipasangkan dengan Lando Norris yang notabene berusia 11 tahun lebih muda darinya.

Terkhusus untuk F1 2020, Daniel Ricciardo berharap bisa mendapat perlawanan ketat dari Esteban Ocon.

"Saya masih ada sisa tahun bersama Esteban Ocon. Saya belum pernah balapan dengannya sebagai rekan setim," kata Ricciardo dalam podcast F1 yang dilansir motorsport.com.

"Saya sangat antusias menantikan adu sikut yang akan terjadi. Saya juga tak sabar melihat seberapa berkembang dia nantinya."

"Dia (Esteban Ocon) adalah pembalap dengan hasil paling kacau pada musim lalu. Namun, saya yakin dia akan kembali tancap gas," ujarnya.

Esteban Ocon saat pertama kali diperkenalkan sebagai pembalap anyar Renault dalam sesi tes di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (2/12/2019).

Esteban Ocon saat pertama kali diperkenalkan sebagai pembalap anyar Renault dalam sesi tes di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (2/12/2019). AFP

Pada sisi lain, Ricciardo menyebut bahwa adu sikut dengan Max Verstappen selama di Red Bull adalah rivalitas yang ia nantikan.

Ia pun berharap persaingan serupa dapat kembali dirasakannya dengan pembalap muda Renault maupun McLaren.

 

"Saya sangat merasakan rivalitas itu bersama Max Verstappen di Red Bull," kata Ricciardo.

"Saya merasa kami bisa terus meningkat dengan saling menekan satu sama lain. Kami menjadi seperti kompetitor."

Tidak hanya untuk rekan setimnya sekarang, Ricciardo juga berharap Lando Norris tak segan untuk saling senggol dengannya ketika sama-sama memperkuat McLaren pada F1 2021.

"Saya tentu berharap mendapat rivalitas seperti itu lagi dari Lando Norris. Saya mengharapkan itu karena dia adalah pembalap rookie yang tangguh," ujarnya.

"Saya yakin bahwa dia memiliki performa lebih baik dari Carlos Sainz Jr. jika dilihat dari posisinya pada tahun pertama."

"Saya berharap Norris akan seperti itu Verstappen. Kami tetap akan saling sapa ketika balapan usai. Orang-orang mungkin akan menikmati pemandangan itu dan melihat persaingan yang sehat."

Menariknya, meskipun yakin bahwa Norris adalah pembalap yang lebih muda darinya, tetapi Ricciardo tidak tahu persis usia calon rekan setimnya itu.

"Sebenarnya saya tidak tahu (selisih usia dengan Norris). Saya hanya ingat bahwa  Verstappen lebih muda tujuh tahunan dari saya."

"Mengetahui hal itu, saya pikir, 'Wow jauh juga ya.' Sekarang saya jadi merasa tambah tua tetapi (sebenarnya) mereka yang justru makin muda (regenerasi)," ujarnya.

Sementara itu, pada pekan lalu, Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon telah melakukan tes privat di Red Bull Ring, Austria yang merupakan venue balapan perdana F1 2020.

Renault menggelar dua hari uji coba, pada 16-17 Juni 2020, di Austria dengan memakai mobil RS18 keluaran 2018.

Sedangkan pada pekan depan, 3-5 Juli, seri perdana F1 GP Austria 2020 akan bergulir di Red Bull Ring, Spielberg.*ANY HIDAYATI/04

R
Penulis
Rizki Haerullah