news
INFOGRAFIS
INFOGRAFIS: Preview Real Madrid vs Valencia, Benzema Penyerang yang Kesepian
18 June 2020 14:19 WIB
berita
Penyerang Real Madrid, Karim Benzema mendominasi gol di timnya -Topskor/Grafik: Mad Yono
MADRID – Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menepis kesan bahwa timnya bermain dalam tekanan yang lebih besar karena jadwal mereka yang tampil sebagai Barcelona.

“Apakah saya kecewa soal bermain sebelum dan setelah Barcelona, itu tidak penting,” kata Zidane, dalam konferensi persnya terkait laga lawan Valencia, hari ini atau Jumat dini hari WIB.




Baca Juga :
- Statistik Menunjukkan Minggu Adalah Hari Keberuntungan Messi bersama Barcelona
- Situasi Messi: 5 Tujuan Potensial Jika Tinggalkan Barcelona, Bukan Mustahil Gabung ke Madrid


Madrid memang akan tampil di laga ini dengan target yang boleh jadi memberikan beban untuk harus menang, tapi mereka akan tetap di bawah Los Azulgrana. Sehari sebelumnya, Barcelona sudah memetik kemenangan atas Leganes, Rabu lalu.

Kemenangan tersebut membuat Barcelona kembali mengamankan posisinya di puncak klasemen dengan keunggulan lima poin. Karena itu, Madrid harus menjawab situasi ini dengan meraih tiga poin lawan Valencia untuk memangkas jarak kembali menjadi dua poin.


Baca Juga :
- Program Televisi Spanyol Ungkap Video Perselingkuhan Seorang Bintang La Liga
- Man City Makin Ganas di Stadion Etihad, Real Madrid Harus Hati-Hati


Situasi tersebut dinilai memberikan efek psikologis sekaligus tantangan bagi pasukannya dalam mempertahankan persaingan meraih gelar La Liga. Dengan sisa 10 laga, Madrid harus terus tancap gas dan menunggu Barcelona terpeleset.

Mengejar Barcelona kini memang tidak sederhana bagi Madrid. Pasalnya, fase nyaris tiga bulan jeda kompetisi karena pandemi virus corona ternyata belum memperlihatkan tanda-tanda perubahan yang signifikan dari lini depannya.

Madrid kekurangan alternatif mesin gol karena memang mereka hanya memiliki Karim Benzema, satu-satunya penyerang yang berkarakter 9. Gol-gol Madrid dari barisan depan sangat mengandalkan bintang asal Prancis tersebut.

Dia tidak memiliki tandem atau duet di lini depan. Padahal, sebelumnya, Benzema selalu menjadi pelayan bagi sejumlah penyerang Madrid seperti Ronaldo.

Musim ini, total Benzema telah menorehkan 19 gol dalam semua ajang dengan 14 di antaranya di La Liga. Gol Madrid lainnya setelah Benzema ditorehkan kebanyak oleh para gelandang bahkan bek.

Sergio Ramos contohnya. Kapten dan bek Los Merengues ini justru menjadi pemain terproduktif kedua musm ini setelah dia mencetak delapan gol dalam semua ajang. Termasuk gol terakhirnya yang diciptakan ketika membawa timnya menang atas Eibar.

Selain Ramos, dua gol Madrid lainnya dalam pertandingan tersebut diciptakan Toni Kroos (Gelandang) dan Marcelo (bek kiri). Lawan Valencia, Zidane tidak ada pilihan lain kecuali terus menurunkan Benzema.

Sebenarnya, Madrid masih memiliki Stevan Jovetic, tapi pemain ini belum sembuh dari cedera. Bagi Benzema, duel lawan Valencia kesempatan baginya untuk menambah golnya. Mantan bintang Lyon ini memang “tidak tersentuh” dalam statusnya sebagai starter.

Faktanya, sepanjang 2019/20 ini, Benzema menjadi starter dalam 93 persen dari menit semua pertandingan Madrid musim ini. Dengan porsi tersebut tapi jumlah golnya di La Liga yang baru 14 gol, Benzema pun tetap dinilai bukan tipikal penyerang predator seperti mesin gol Madrid sebelumnya yaitu Crstiano Ronaldo, Ruud Van NIstelrooy, atau Raul Gonzalez.

Perkiraan Pemain Real Madrid vs Valencia

Untuk 2020 ini, dari 10 pertandingan terakhir di La Liga, Benzema hanya mampu mencetak dua gol. Karena itu, wajar jika kemudian isu terkait performa Bensema selalu muncul ke permukaan ketika dirinya gagal mencetak gol di sebuah laga.

Meski demikian, Madrid tampaknya tidak perlu khawatir karena jika Benzema kesulitan mencetak gol mereka masih memiliki barisan gelandang yang agrefif serta bek seperti Ramos yang bisa mencuri gol.

Di sisi lain, Madrid harus mewaspadai mentalitas Valencia. Pasukan Albert Celades ini belum terkalahkan sejak La Liga kembali digulirkan. Mereka meraih dua kali imbang yaitu lawan Alaves dan Levante.

Los Che memiliki barisan depan yang cukup produktif, dipimpin Maxi Gomez yang telah mencetak 10 gol, Kevin Gameiro dengan tujuh gol, lalu Rodrigo Moreno dengan lima gol, hingga gelandang Ferran Torres, enam gol, pemain yang diminati Madrid.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat