news
LIGA SPANYOL
Benarkah Neymar Pemain Terbaik Kedua di Dunia Setelah Lionel Messi? Bagaimana dengan Cristiano Ronaldo?
30 May 2020 07:32 WIB
berita
Statistik Lionel Messi, Neymar Junior, dan Cristiano Ronaldo - TopSkor/Istimewa
NEYMAR Junior lebih baik daripada Cristiano Ronaldo dan hanya kalah dari Lionel Messi dalam daftar pemain terbaik di dunia saat ini.

Ini adalah pendapat yang dilontarkan mantan Presiden Barcelona, Sandro Rosell, yang pernah mendatangkan bintang asal Brasil itu dari Santos ke Camp Nou pada 2013.




Baca Juga :
- Madrid Bisa Juara La Liga Akhir Pekan Ini
- Luis Suarez Tersubur Ketiga Barcelona, Terima Kasih Kepada Messi


Dia juga menegaskan bahwa jika dirinya masih menjabat sebagai presiden klub Katalunya itu, dia akan menjadikan perekrutan kembali Neymar dari Paris Saint Germain sebagai prioritas utama dalam bursa transfer musim panas nanti.

“Jika saya presiden Barcelona saat ini, saya akan berusaha merekrut Neymar,” kata Rosell yang mnjabat sebagai presiden Barcelona antara 2010 dan 2014, kepada stasiun radio COPE dan Radio Marca.


Baca Juga :
- Menarik! Tak Ada Cristiano Ronaldo dalam Starting XI Terbaik Carlo Ancelotti
- Greenwood Dua Kali Lipat Lebih Produktif daripada Cristiano Ronaldo dan Mengancam Rekor Wayne Rooney


“Dia adalah pemain terbaik kedua di dunia saat ini setelah Messi dan sangat cocok dengan filosofi klub ini. Tapi, berdasarkan pengalaman sejauh ini, kami akan mengikatnya dengan dua kontrak, satu kontrak olahraga dan satu kontrak tingkah laku.”

Neymar yang kini berusia 28 tahun, pernah berkibar bersama Messi di Barcelona sebelum hijrah ke PSG dengan rekor transfer 198 juta paun pada 2017.

Sepanjang kiprahnya di Camp Nou, Neymar membentuk salah satu trio penyerang paling memastikan bersama Messi dan Luis Suarez dan berhasil merebut sejumlah gelar bergengsi termasuk Liga Champions dan Piala Dunia Klub pada 2015.

Tapi, penggemar Ronaldo hampir pasti tidak sependapat dengan Rosell. Bintang Juventus asal Portugal itu telah berusia 35 tahun, tapi dia mampu membukukan 36 gol buat klub dan negaranya musim ini sebelum kompetisi di tunda karena wabah virus Corona. Koleksi gol CR7 itu lebih banyak 12 gol daripada Messi dan dua kali lipat koleksi gol Neymar.

Selain itu, koleksi lima Ballons d'Or milik Ronaldo hanya kalah dari Messi yang memenangi penghargaan itu untuk kali keenam tahun ini.

Di pihak lain, Neymar bukan hanya belum pernah memenangi gelar individu paling bergengsi itu, tapi juga belum pernah finis di peringkat kedua. Prestasi terbaiknya adalah finis di urutan ketiga pada 2015 dan 2017.

Neymar memang punya catatan istimewa sebelum usia 21 tahun dengan mencetak 140 gol dalam 227 laga, jauh lebih baik daripada Messi dan Ronaldo. Tapi, statistik golnya secara keseluruhan tidak terlalu mengesankan.

Jika dilihat dari komparasi statistik ketiga pemain  itu di lima liga top Eropa (tidak termasuk catatan Neymar di Santos dan rekor Ronaldo di Sporting Lisbon), Neymar dengan koleksi 115 gol, tertinggal jauh dari Messi (438 gol) dan Ronaldo (437 gol).

Neymar juga punya rata-rata menit per gol paling buruk di antara ketiganya dengan 127 menit per gol sementara Ronaldo mencatatkan rekor 101 menit per gold an Messi menorehkan catatan 87 menit per gol.

Di level tim nasional, Neymar telah mencetak 61 gol dalam 101 laga bersama Brasil, tapi catatannya masih di bawah Messi dengan 70 gol dalam 138 laga bersama Argentina dan Ronaldo dengan 99 gol dalam 164 laga bersama Portugal.

Neymar juga hanya membukukan 64 assist alias hanya separuh dari total assist Ronaldo (132) dan sekitar sepertiga dari koleksi assist Messi (174).

Dengan demikian, Neymar hanya terlibat langsung dalam proses terciptanya satu gol setiap 81 menit sementara Ronaldo melakukannya setiap 78 menit dan Messi setiap 62 menit.

Satu-satunya statistik Neymar yang mengungguli Ronaldo dan Messi adalah rasio kemenangan. Dia memenangi 78,3 persen dari total 175 laga yang dimainkan di liga-liga top Eropa bersama Barcelona dan PSG, lebih baik daripada Messi (74,7%) dan Ronaldo (71,9 persen). Tapi, catatan Neymar terbantu oleh dominasi mutlak Les Parisiens di kancah domestik Prancis.

Neymar juga baru memenangi total 12 gelar bersama Barcelona dan PSG, termasuk lima gelar liga. Sebaliknya, Messi memenangi 23 trofi bersama Barcelona dan Ronaldo meraih 20 gelar bersama Manchster United, Real Madrid, dan Juventus.

Di level timnas, Ronaldo unggul dengan gelar Piala Eropa 2016 dan Liga Negara-negara Eropa (LNE) 2019 bersama Portugal. Di pihak lain, Messi baru memenangi medali emas Olimpiade 2008 bersam Argentina dna Neymar meraih Piala Konfederasi 2013 bersama Brasil.

R
Penulis
Rijal Al Furqon