news
UMUM
Sambil Tunggu Keputusan soal Sepak Bola Tanah Air, Indra Sjafri Sudah Mempersiapkan Berbagai Program dan Rencana
29 May 2020 18:46 WIB
berita
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri -Topskor/Dok Indra Sjafri
JAKARTA - Beberapa negara di Asia Tenggara sudah memastikan kapan akan kembali menggelar kompetisi domestiknya.

Vietnam bahkan sudah melanjutkan kompetisi kasta tertinggi mereka pada 23 Mei lalu. Hebatnya, penonton pun bisa datang menyaksikan di stadion tanpa rasa takut.




Baca Juga :
- Timnas Indonesia U-16 Jajaki Tiga Uji Coba Internasional, Satu Negara Sudah Hampir Pasti
- Skuat Timnas Indonesia U-16 Cepat Beradaptasi


Rata-rata kompetisi sepak bola di Asia Tenggara memang terhenti sementara akibat pandemi Covid-19 pada pertengahan Maret lalu.

Sementara Thailand dan Malaysia memastikan akan memulai kembali kompetisi pada September mendatang.


Baca Juga :
- Pelatih Persib Robert Rene Alberts Berharap Negosiasi Gaji Bisa Penuhi Keinginan Komponen Tim
- Terapkan Protokol Kesehatan, Persib Siap Jalani Adaptasi Kebiasaan Baru


Indonesia, sejauh ini belum ada kejelasan pasti apakah bakal lanjut atau tidak. Padahal kepastian kompetisi akan sangat berpengaruh pada persiapan timnas senior sebelum tampil di Piala AFF akhir tahun ini.

Thailand yang isunya bakal absen pada pagelaran Piala AFF tahun ini justru sangat berambisi untuk menambah trofi juara AFF mereka menjadi enam.

"Fase grup Piala AFF 2020 akan bertepatan dengan beberapa pertandingan Liga Thailand. Tetapi, itu bukan masalah," kata Patit Supaphong, penjabat Sekretaris Jenderal FAT (Federasi Sepak bola Thailand).

Sementara di Indonesia, kesiapan timnas untuk Piala AFF bisa saja bergantung pada nasib dan keberlangsungan kompetisi.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, mengatakan saat ini yang menjadi perhatian tim teknis adalah kesiapan timnas U-16 dan U-19 yang akan berlaga di Piala Asia dalam waktu dekat.

Timnas U-16 asuhan Bima Sakti akan berlaga di Piala Asia U-16 pada 16 September hingga 3 Oktober 2020 mendatang di Bahrain

Sedangkan, Timnas U-19 juga sudah menggelar latihan bersama secara virtual yang terus diawasi pelatih kepala Shin Tae-yong.

Garuda Muda akan tampil di Piala Asia U-19 sebelum bersaing di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Sekarang kami fokus pada persiapan Timnas U-16 untuk AFC di Bahrain dan Timnas U-19 AFC di Uzbekistan. Kedua timnas tersebut sudah latihan lewat virtual training," kata Indra Sjafri kepada Topskor.id Jumat (29/5).

Disinggung soal masa persiapan timnas senior, Indra mengatakan hal ini masih menunggu keputusan PSSI soal kompetisi dan juga arahan pemerintah terkait aktivitas olahraga.

Jika sudah memungkinkan, timnas senior bisa kembali memulai tahap persiapan dengan menggelar TC sekalipun dengan protokol kesehatan yang superketat.

"Yang pasti semuanya tunggu arahan pemerintah. Kita tunggu saja dulu dan PSSI patuh terhadap apapun anjuran pemerintah. Akan tetapi, kami di tim teknis sudah membuat, merancang plan-plan, A, B, C untuk timnas senior," Indra menambahkan.

news
Penulis
Furqon Al Fauzi
For me, Everyday it's a Game Day....