news
TINJU
Terapi yang Mengubah Tubuh Mike Tyson Juga Dipakai Cristiano Ronaldo dan Rafael Nadal
29 May 2020 15:59 WIB
berita
Perubahan tubuh Mike Tyson - TopSkor/Istimewa
MIKE Tyson menunjukkan perubahan drastis dalam kondisi tubuhnya belakangan ini. Legenda tinju dunia ini sempat terlihat sangat gemuk setelah pensiun dengan berat badan mencapai 172 kg. Tapi, dia kini jauh lebih ramping dan kekar dengan berat badan hanya sekitar 108 kg.

Tyson mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah berlatih sejak pertarungan terakhirnya sebagai petinju profesional lawan Kevin McBride pada 2005. Tapi, dalam beberapa pekan terakhir, pria 53 tahun ini sudah kembali menjalani latihan di bawah bimbingan pelatih seni bela diri campuran (MMA), Rafael Cordeiro, sebagai persiapan naik ring kembali.




Baca Juga :
- Mike Tyson Meng-KO Paparazzi di Jalan Saat Belanja dengan Wanita Cantik
- Menarik! Tak Ada Cristiano Ronaldo dalam Starting XI Terbaik Carlo Ancelotti


Selain menjalani serangkaian latihan yang sangat berat dan diet yang sangat ketat, perubahan tubuh Tyson juga terjadi berkat perawatan sel induk (stem cell).

Situasi ini tidak jauh berbeda dengan yang berlaku saat Tyson masih menjadi juara dunia kelas berat. Saat itu dia harus bangun setiap pukul 4.30 pagi untuk berlari sebelum masuk ke sasana dan berlatih tinju  selama 10-12 ronde yang digabungkan dengan serangkaian latihan otot.


Baca Juga :
- Greenwood Dua Kali Lipat Lebih Produktif daripada Cristiano Ronaldo dan Mengancam Rekor Wayne Rooney
- Mike Tyson Kecam Mayweather Jr karena menempatkan dirinya di atas Muhammad Ali


Tyson juga harus menjalani diet karbohidrat dan protein sebanyak 3.000-4.000 kalori yang membantunya menjalan latihan yang sangat berat.

 “Saya harus mulai menjalani latihan kardio agar memiliki ketahanan dalam menjalani proses latihan,” kata Tyson.

“Jadi, saya berusaha melakukan latihan kardio selama dua jam setiap hari. Kita juga harus memastikan memakan makanan yang benar.

“Saya jadi seperti budak makanan. Saya harus melakukan yang saya benci dan melakukannya seperti sesuatu yang biasa. Kita jadi seperti budak kehidupan.

“Menjadi budak kehidupan berarti menjadi yang terbaik dan menjadi yang terbaik adalah saat kita tidak lagi eksis dan tidak seorang pun membicarakan kita.”

Selain menjalani latihan yang sangat berat, transformasi tubuh Tyson juga dibantu oleh terapi sel induk yang telah membuat dirinya seperti seorang “manusia yang berbeda.”

Terapi sel induk dilakukan dengan menggunakan sel induk untuk memulihkan atau mencegah penyakit atau kondisi yang biasanya dilakukan dalam bentuk transplantasi sumsum tulang.

Terapi seperti ini juga digunakan oleh bintang sepak bola Cristiano Ronaldo dan legenda tenis Rafael Nadal dalam upaya meminimalisasi rasa sakit dan pembengkakan karena cedera dengan meningkatkan aliran darah.

“Ketika mereka mengambil darah saya, warnanya terlihat merah dan saat darah itu kembali 0usai diproses) warnanya berubah drastis,” kata Tyson soal terapi sel induk yang dijalaninya dalam wawancara dengan rapper LL Cool J.

“Darah itu nyaris tembus pandang dan kemudian mereka meyuntikkannya ke dalam tubuh saya. Dan, sejak itu saya merasakan sesuatu yang aneh. Kini, saya harus mendapatkan keseimbangan.”

Uang yang harus dibayarkan untuk mendapatkan terapi sel induk itu tidaklah murah. Yag paling murah adalah 5 ribu euro (Rp 81 juta) sementara yang termahal bisa menembus 25 ribu euro (Rp405 juta).

R
Penulis
Rijal Al Furqon