news
LIGA 1
PT LIB Klaim Sudah Diizinkan Kemenpora Untuk Lanjutkan Kompetisi
29 May 2020 14:50 WIB
berita
Perwaklan PT LIB, Hasani Abdulghani, Cucu Somantri, Rudy Kangdra, Endri Erawan, dan Anthony Chandra Kartawiria (kiri ke kanan) mengapit Harsiwi Achmad dalam acara pengumuman pemegang hak siar Liga 1 2020 - Jessica Margaretha
JAKARTA -- PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi mengeklaim sudah mendapat izin dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Belakangan, kelanjutan kompetisi sepak bola Indonesia di tengah pandemi virus corona memang sedang intens dibahas, dengan segala opsi di dalamnya.

Liga 1 dan Liga 2 yang dijeda sejak Maret 2020 memiliki kemungkinan dilanjutkan dengan berbegai persyaratan dan ada pula wacana tidak dilanjutkan lagi. Sebagai operator, PT LIB tentu harus bersiap dengan segala kemungkinan. Terkini, mereka mengeklaim sudah diizinkan pihak pemerintah untuk lanjutkan kompetisi.




Baca Juga :
- Suporter Sriwijaya FC Kecewa Palembang Mundur Jadi Tuan Rumah Liga 2 2020
- Pelatih Persib Robert Rene Alberts Berharap Negosiasi Gaji Bisa Penuhi Keinginan Komponen Tim


"Sudah ada lampu hijau dari Kemenpora," ucap Rudy Kangdra, Direktur Bisnis PT LIB, Kamis (28/5). "Karena kita harus menghitung juga bagaimana menunjang penampilan timnas di Kualifikasi Piala Dunia dan Piala Dunia U-20 tahun depan."

Menurut Rudy, restu didaptkan dari Kemenpora karena jika kompetisi terus berhenti, maka tidak ada aktivitas pemain, yang tentu menjadi bagian persiapan. Oleh karena itu, pihak PT LIB sudah menyiapkan prosedur, protokol kesehatan, dan strategi kompetisi yang bisa diterapkan di tengah pandemi virus corona.


Baca Juga :
- Terapkan Protokol Kesehatan, Persib Siap Jalani Adaptasi Kebiasaan Baru
- Robert Alberts Kembali Menikmati Gowes Menuju Jalur Punclut


Dalam penyusunan rencana-rencana itu, operator kompetisi juga melibatkan pemerintah, seperti melalui Kemenpora dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Kami sudah memiliki rencana, opsi-opsi. Lalu, koordinasi kami dengan pemerintah mencakup semua hal," kata Rudy. "Kami akan menyesuaikan dengan regulasi pemerintah dan kebijakan seperti mengenai perizinan."

Lebih lanjut jika Liga 1 dan Liga 2 kembali dilanjutkan, maka laga akan berlangsung tanpa penonton di stadion. Tapi kondisi itu bisa berubah melihat situasi. Adapun, keputusan terkait masa depan kompetisi berada di tangan PSSI, yang menyebut akan melihat kelanjutan status darurat bencana dari pemerintah.*03

T
Penulis
Taufani Rahmanda