news
BULUTANGKIS
BWF Revisi Peraturan Kualifikasi Cabang Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo
27 May 2020 23:23 WIB
berita
JAKARTA – Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) merevisi proses kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 setelah beberapa turnamen tahun ini harus dibatalkan atau ditunda akibat pandemi virus corona.

Sebelumnya, Olimpiade Tokyo 2020 sendiri sudah dipastikan mundur selama satu tahun. Sejatinya kualifikasi Olimpiade cabang bulu tangkis sudah berakhir Juni 2020.




Baca Juga :
- Ginting dan Jojo Belum Terbendung, Inilah Hasil Lengkap Hari Pertama Tunggal Putra Turnamen Internal PBSI
- INFOGRAFIS: Statistik Pertemuan Empat Legenda Bulu Tangkis Dunia: Lin Dan, Taufik, Peter Gade, Lee Chong Wei


Namun, mengingat Olimpiade dan juga turnamen bulu tangkis ditunda, BWF merasa perlu mengubah regulasi kualifikasi. Hal itu dianggap menjadi langkah adil agar memberikan waktu kepada para pebulu tangkis.

“Kami merasa harus ada solusi yang adil untuk semua atlet. Hal itu menjadi prioritas pertama dan utama. Kami ingin menyesuaikan turnamen bulu tangkis menyusul pandemi ini,” demikian bunyi pernyataan resmi BWF, Rabu (27/05/2020).


Baca Juga :
- Lin Dan Pensiun, Pelatih Tunggal Putra Indonesia Menilai Persaingan Tetap Ketat
- INFOGRAFIS: Super Dan, Pebulu Tangkis Super yang Menyabet Seluruh Gelar Bergengsi


 “Meski target utama adalah melanjutkan turnamen pada akhir 2020, kami juga menggelar kualifikasi Olimpiade dan Paralimpik. Hal itu untuk memastikan segala hal yang terjadi akibat pandemi,” kata pernyataan itu lagi.

Semua ranking points (poin untuk menentukan peringkat) yang sudah dikumpulkan dalam periode kualifikasi awal, terhitung hingga All England 2020 tetap dipertahankan.

Dengan demikian, semua atlet yang secara matematis sudah lolos ke Olimpiade Tokyo, dipastikan akan tetap melaju ke multiajang itu.

Hal yang direvisi adalah periode kualifikasi diperpanjang selama 17 minggu pada tahun 2021. Hal itu meliputi semua edisi turnamen tahun 2020 yang tertunda atau dibatalkan yang diadakan antara 4 Januari sampai 2 Mei 2021.

Hanya saja, turnamen yang ditunda dan diadakan masih di tahun 2020 tidak masuk dalam kualifikasi Olimpiade. Demikian pula turnamen tahun 2021 yang diadakan setelah 4 Mei 2021.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id