news
LIGA SPANYOL
Rivalitas dengan Cristiano Ronaldo Segera Berakhir, Lionel Messi Harus Mengakui Kekalahan
27 May 2020 22:19 WIB
berita
Lionel Messi - TopSkor/Istimewa
BARCELONA - Lionel Messi akan merayakan hari ulang tahun yang ke-33 pada 24 Juni mendatang. Ini adalah usia di mana banyak pemain sepak bola professional mulai menyusun rencana untuk gantung sepatu. Tapi, hal itu tampaknya tidak berlaku buat bintang asal Argentina tersebut.

Kontrak Messi dengan Barcelona tinggal tersisa setahun lagi, tepatnya hingga 30 Juni 2021, dan hingga saat ini belum ada kesepakatan soal perpanjangan kontrak tersebut. La Pulga juga belum memberikan konfirmasi apakah dirinya berniat untuk terus berkarier di Camp Nou hingga gantung sepatu nanti.




Baca Juga :
- Suasananya Tenang dan Damai! Wanita Tua Ini Ungkapkan Bagaimana Rasanya Bertetangga dengan Cristiano Ronaldo
- Bocoran Taktik: Di Argentina, Dari 4 Tahun Dibina, Usia 8 Tahun Sudah Diambil Klub Besar di Kota


Tapi, pemain kelahiran Rosario ini tidak pernah memberikan indikasi bahwa bahwa kariernya akan berakhir dalam waktu dekat ini. Messi juga diyakini masih akan bisa berkibar di level tertinggi hingga beberapa tahun ke depan.

Meski begitu, ada keraguan seputar berapa lama lagi Messi punya keinginan untuk terus bermain di klub sekelas Barcelona atau klub-klub top Eropa lainnya yang selalu menuntut performa pada level tertinggi di setiap waktu.


Baca Juga :
- Kenapa Anda Tak Bisa Meramalkan Wabah Corona? Samuel Eto'o Sindir Pastor yang Meramalkan Dia Akan Tewas Secara Tragis
- INFOGRAFIS: Atalanta dalam Trek Persaingan Scudetto dengan Juventus


Terlepas dari penampilan Messi yang masih sangat impresif dalam beberapa tahun terakhir, kondisi fisik ayah dua anak ini tidak selalu bugar. Dia sempat tiga kali cedera sepanjang tahun lalu yang memaksanya absen selama hampir dua bulan.

Messi juga pernah mengalami sejumlah cedera yang cukup serius sepanjang kariernya, termasuk pada awal-awal kiprahnya di Barcelona pada 2006 yang sempat memaksanya menjalani proses pemulihan berdurasi total lima setengah bulan.

Karenanya, besar kemungkinan Messi akan lebih memilih menghabiskan sisa kariernya di liga-liga yang level kompetisinya tidak terlalu tinggi seperti Major League Soccer Amerika Serikat (MLS) daripada bertahan di salah satu klub top Eropa.

Tapi, di mana pun Messi berniat menghabiskan sisa kariernya, penggemarnya dan publik sepak bola pasti masih ingin untuk terus menikmati kegeniusan pemain itu di lapangan hingga dia mencapai usia 36 atau 37 tahun.

Situasi ini berbeda dengan yang berlaku bagi rival utamanya, Cristiano Ronaldo. Bintang asal Portugal ini sudah berkibar namanya sebelum kemunculan Messi dan dia telah membuktikan dirinya mampu bertahan sangat lama di level tertinggi.

Kini, di usia yang sudah 35, Ronaldo masih menjadi mesin gol andalan Juventus dan tim nasional Portugal. CR7 akan berusia 37 tahun saat kontraknya bersama I Bianconeri berakhir pada 30 Juni 2022.

Kebugarannya pun terlihat sangat mengagumkan, mirip para pemain yag baru berusia 20-tahunan. Jadi, tidak tertutup kemungkinan akan terus berkarier sebagai pesepakbola profesional hingga usia mencapai kepala empat.

Fakta inilah yang membuat Ronaldo akan sangat sulit bahkan mustahil dikalahkan oleh Messi.

R
Penulis
Rijal Al Furqon