news
LIGA INTERNASIONAL
Rahasia 10 Tahun Silam Itu Terungkap! Inilah yang Dibisikkan Mourinho kepada Guardiola di Semifinal Liga Champions
24 May 2020 19:00 WIB
berita
Jose Mourinho berbisik kepada Pep Gardiola yang sedang memberikan instruksi buat Zlatan Ibrahimovic - TopSkor/Istimewa
LONDON – Satu dekade silam, publik dibuat bertanya-tanya saat melihat foto Jose Mourinho yang kala itu melatih FC Internazionale, tengah membisikkan sesuatu ke telinga pelatih Barcelona, Pep Guardiola, yang sedang memberikan instruksi kepada Zlatan Ibrahimovic pada leg kedua semifinal Liga Champions 2009/2010 di Camp Nou.

Tidak seorang pun yang tahu apa sebenarnya yang dibisikkan Mourinho dan pelatih asal Portugal itupun tidak pernah mengungkapkannya.




Baca Juga :
- Luis Suarez Tersubur Ketiga Barcelona, Terima Kasih Kepada Messi
- Statistik Menunjukkan Minggu Adalah Hari Keberuntungan Messi bersama Barcelona


Mourinho berhasil membawa Inter meraih kemenangan 3-1 atas Barcelona pada leg pertama di San Siro. Saat itu dia sempat dibuat ketar-ketir ketika Pedro Rodriguez mencetak gol di menit ke-19 yang membawa Los Blaugrana unggul lebih dulu.

Tapi, I Nerazzurri bangkit dan membalikkan keadaan melalui gol-gol yang dibuat gelandang asal Belanda Wesley Sneijder, pemain asal Brasil Maicon, dan striker asal Argentina Diego Milito.


Baca Juga :
- Situasi Messi: 5 Tujuan Potensial Jika Tinggalkan Barcelona, Bukan Mustahil Gabung ke Madrid
- Sebut Lionel Messi Bocah 150 cm yang Setengah Autis, Legenda Prancis Ini Minta Maaf


Meski begitu, kubu Inter tahu bahwa mereka baru menyelesaikan separuh tugas karena masih ada leg kedua yang harud dimainkan di Camp Nou.

Di pihak lain, Barcelona pun masih optimistis karena kemenangan 2-0 sudah cukup untuk membawa mereka lolos ke final untuk mempertahankan gelar.

Apalagi, Camp Nou sering menjadi neraka bagi tim-tim tamu dengan atmosfer menggetarkan yang diciptakan 100 ribu suporter Barcelona.

Inter pun membuat start buruk setelah mereka kehilangan gelandang Thiago Motta yang diganjar kartu merah langsung pada menit ke-28 lantaran bentrok dengan Sergio Busquets. Motta terlihat melayangkan tangannya ke wajah Busquets hingga terjatuh di lapangan.

Kartu merah itu disambut dengan gegap gempita oleh para pemain Barcelona dan publik Camp Nou seolah mereka telah memenangi pertandingan.

“Ketika Sergio Busquets seperti terjatuh di lapangan, saya berdiri di antara bangku cadangan kami, bangku cadangan dia (Guardiola), dan posisi di mana Motta diganjar kartu merah,” kata Mourinho kepada Gazzetta dello Sport.

“Dengan sudut mata saya, saya bisa melihat para pemain di bangku cadangan Barcelona melakukan selebrasi seolah sudah menang dan Guardiola memanggil Ibrahimovic untuk memberikan instruksi.”

Mourinho pun berjalan menghampiri Guardiola yang tengah memberikan instruksi kepada striker asal Swedia itu lalu berbisik di telinganya: “Jangan berpesta dulu, pertandingan belum berakhir.”

Peringatan Mourinho terbukti karena Inter yang hanya diperkuat 10 pemain mampu membuat Barcelona mengalami kebuntuan hingga menit ke-84 saat Gerard Pique akhirnya mencetak gol buat tuan rumah.

Tapi, gol itu tidak banyak berarti karena Barcelona tak mampu mendapatkan gol kedua meski Bojan Krkic sempat memperoleh peluang emas pada injury time.

Inter pun lolos ke final meski kalah 0-1 dan melaju hingga menjadi juara dengan mengalahkan Bayern Muenchen 2-0. Mourinho menyebut kekalahan di kandang Barcelona itu sebagai “kekalahan paling indah” dalam kariernya.

R
Penulis
Rijal Al Furqon