news
LIGA INTERNASIONAL
Target Muenchen Selanjutnya: Der Klassiker lawan Borussia Dortmund
24 May 2020 01:00 WIB
berita
Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski (kiri) dan rekan setimnya David Alaba saat lawan Eintracht Frankfurt, Sabtu (23/5)-Topskor/Twitter Bayern Muenchen
MUENCHEN – Bayern Muenchen berhasil membalas kekalahan dari Eintracht Frankfurt dengan kemenangan 5-2, Sabtu (23/5) atau Minggu dini hari WIB dalam lanjutan Bundesliga pekan ke-27.

Pada pertemuan pertama, 2 November lalu, Muenchen memang takluk 1-5 di kandang Frankfurt. Ketika itu, Frankfurt menjadi satu dari empat tim yang berhasil mengalahkan Muenchen pada 2019/20 ini.




Baca Juga :
- Kirim Pesan Keadilan untuk George Floyd, Sancho Terancam Sanksi
- Sancho Hattrick, Dortmund Pesta Gol Gilas Padeborn!


Kini, meski kemasukan dua gol, Muenchen berhasil mengoyak gawang tim tamu dengan lima gol, satu dia antaranya gol bunuh diri bek Eintracht, Martin Hinteregger.

Dalam laga yang digelar di Stadion Alianz ini, Robert Lewandowski kembali melanjutkan ketajamannya dalam memburu gol setelah dia mengoyak gawang tim tamu pada menit ke-46, gol ketiga Muenchen pada pertandingan ini.


Baca Juga :
- Preview Padeborn vs Dortmund: Menanti Aksi Hazard dan Sancho
- Target MU Jadon Sancho Pamer Tato Baru


Dengan gol tersebut, Lewandowski menambah jumlah golnya menjadi 27 gol dari 25 pertandingan Bundesliga, sekaligus memantapkan posisinya sebagai pencetak gol terbanyak sementara.

Mantan bintang Borussia Dortmund ini mencetak gol melalui tandukan memanfaatkan assist Kingsley Coman. Sebelumnya, Muenchen dua kali mencetak gol melalui Thomas Mueller yang juga memberikan assist bagi gol pembuka yang diciptakan Leon Goretzka pada menit ke-17.

Mueller mencetak gol pada menit ke-31 setelah memanfaatkan umpan Alphonso Davies. Itu merupakan gol ketujuh Mueller di Bundesliga dan menjadi assist ke-17 pada ajang ini sepanjang 2019/20.

Lewandowski, Mueller, Goretzka, dan Davies menandai performa positif Muenchen di laga ini. Dengan kemenangan ini pula, Die Bayern menjadi satu-satunya klub yang belum terkalahkan di Bundesliga sepanjang 2020.

Mereka meraih 34 poin dari kemungkinan 36 poin pada 2020. Selanjutnya, kemenangan ini menjadi modal positif menghadapi laga Der Klassiker, lawan Borussia Dortmund, Selasa (26/5). Duel yang menjadi head to head antara posisi pertama, Muenchen dan Dortmund yang di peringkat kedua.

Pertandingan sarat gengsi ini bakal menentukan peluang keduanya dalam meraih gelar Bundesliga 2019/20. Muenchen untuk saat ini masih unggul empat poin atas Dortmund (61-57).

Assist Mueller

Gol pembuka Muenchen lawan Eintracht diciptakan Leon Goretzka setelah memanfaatkan assist Thomas Mueller, pada menit ke-17. Saat itu, Mueller yang bergerak ke sisi kiri dan kemudian memberikan umpan ke arah Lewandowski.

Namun, bola tersebut justru mengarah kepada Goretzka yang langsung menembaknya. Gol tersebut merupakan gol keempat Goretzka musim ini. Tiga gol lainnya diciptakan Goretzka dalam laga yang berakhir dengan kemenangan Muenchen. Yaitu saat mengalahkan Augsburg, Hoffenheim, dan Schalke.

Di sisi lain, gol ini kembali memperlihatkan kontribusi Mueller sebagai raja assist. Ini merupakan assist ke-17 Mueller pada 2019/20, sekaligus terbanyak di Bundesliga musim ini dan di antara lima liga besar Eropa.

Sedangkan gol Mueller dalam pertandingan ini berawal dari aksi Alphonso Davies yang menggiring bola dan memberikan umpan silang ke jantung pertahanan Frankfurt. Mueller berhasil menguasai bola tersebut dan kemudian mencungkil bola melewati kiper lawan, Kevin Trapp.

Meski demikian, Muenchen sempat terancam gagal meraih tiga poin karena Eintracht justru memperkecil ketertinggalan mereka. Hanya enam menit setelah Lewandowski mencetak gol, Martin Hinteregger mencetak gol pertama tim tamu, tepatnya menit ke-52.

Lalu, hanya tiga menit kemudian, Hinteregger menambah jumlah golnya pada menit ke-55. Beruntung, bagi Muenchen, karena Davies berhasil menambah gol lagi pada menit ke-61.

Dan, keberuntungan lain bagi Muenchen kembali terjadi ketika Hinteregger mencetak gol ketiganya, tapi kali ini ke gawang sendiri alias mencetak gol bunuh diri pada menit ke-74.

Berawal dari aksi gelandang Muenchen, Serge Gnabry, bola tembakannya berhasil ditepis Trapp namun memantul ke arah Hinteregger yang masuk ke gawang timnya sendiri.*

Bayern Muenchen 5-2 Eintracht Frankfurt

Gol: 1-0 (Leon Goretzka, 17), 2-0 (Thomas Mueller, 41), 3-0 (Robert Lewandowski, 46), 3-1 (Martin Hinteregger, 52), 3-2 (Martin Hinteregger, 55), 4-2 (Alphonso Davies, 61), 5-2 (Martin Hinteregger, bd 74)

Bayern Muenchen 4-2-3-1: 1 Neuer; 5 Pavard, 17 Boateng/21 Hernandez (73), 27 Alaba, 19 Davies; 32 Kimmich, 18 Goretzka; 29 Coman, 25 Mueller, 14 Perisic/22 Gnabry (64); 9 Lewandowski Pelatih: Hansi Flick

Eintracht Frankfurt 3-5-1-1: 1 Trapp; 18 Toure, 13 Hinteregger, 2 N’Dicka/22 Chandler (46); 24 Da Costa/25 Durm (76), 5 Fernandes, 3 Ilsanker, 17 Rode/15 Kamada (71), 10 Kostic; 11 Gacinovic/8 Sow (71); 33 Silva/9 Dost (76) Pelatih: Adolf Huetter

Kartu kuning: Hinteregger

Kartu merah:

Tendangan ke gawang: 10-4

Tendangan melenceng: 10-6

Tendangan sudut: 7-2

Pelanggaran: 10-7

Offside: 2-1

Penguasaan bola: 63-37

I
Penulis
Irfan Sudrajat