news
LIGA INTERNASIONAL
Inilah 10 Pencetak Gol Terbanyak Sebelum Usia 21, Lionel Messi Hanya Urutan Ke-8, Cristiano Ronaldo Ke-9
23 May 2020 16:36 WIB
berita
Ronaldo Nazario dan Daftar Pemain U-21 dengan Gol Terbanyak - TopSkor/Istimewa
RONALDO Nazario memuncaki daftar pencetak gol terbanyak untuk klub dan tim nasional sebelum usia 21.

Legenda Brasil ini menungguli sejumlah mesin gol terbaik di seluruh dunia dan memaksa bintang-bintang masa kini seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tergusur urutan kedelapan dan sembilan.




Baca Juga :
- Messi Berpeluang Tembus Rekor 1.000 Gol Musim Ini
- Kurang Ajar! Lionel Messi Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual dalam Sebuah Acara Televisi pada 2005


Pemain berjulukan El Fenomeno ini telah mencuat pada 1992 saat baru berusia 16 tahun dengan membukukan 44 gol dalam 47 laga bersama Cruzeiro di negaranya.

Peforma impresif itu pula yang membuat Ronaldo dipanggil ke timnas Brasil dan menjadi bagian dari skuat yang memenangi Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Pada tahun yang sama dia hijrah ke Eropa untuk bergabung dengan PSV Eindhoven.


Baca Juga :
- Ronaldo Mengenang Kepergian Simoni: Dia adalah Konduktor dan Kami Orkestranya
- Kecepatan Jamie Vardy, Kaki Kiri Lionel Messi, Kepribadian Cristiano Ronaldo, Inilah Gambaran Seorang Striker Sempurna


Dia semakin berkibar sejak bergabung dengan Barcelona pada 1996 dan memenangi Ballon d'Or. Saat itu Ronaldo yang belum genap 21 tahun telah membukukan 167 gol dalam hanya 185 pertandingan.

Menurut SportBible, satu-satunya pemain yang mendekati produktivitas Ronaldo sebelum mencapai usia 21 adalah rekan senegaranya, Neymar Junior.

Bintang Paris Saint-Germain ini membukukan 27 gol lebih sedikit dalam 42 pertandingan lebih banyak daripada R9 bersama Santos dan timnas Brasil sebelum bergabung dengan Barcelona pada 2013 saat berusia 21.

Rekan Neymar di PSG, Kylian Mbappe, berada di urutan ketiga. Mantan pemain AS Monaco yang baru merayakan ulang tahun ke-21 pada Desember 2019 ini mencetak 116 gol dalam 199 laga bersama klub dan timnas Prancis termasuk satu golnya di final Piala Dunia 2018.

Gol tersebut tidak hanya membantu Les Bleus memenangi Piala Dunia yang kedua setelah 1998, tapi juga menjadikan Mbappe sebagai pemain remaja pertama yang mencetak gol di final Piala Dunia sejak Pele pada 1958.

Duo Inggris, Wayne Rooney dan Michael Owen, juga masuk dalam daftar ini setelah masing-masing berkibar bersama dua klub Merseyside, Everton dan Liverpool.

Tapi, yang paling mengejutkan adalah fakta bahwa dua pemain terbaik di dunia saat ini, Messi dan Ronaldo, hanya menempati peringkat kedelapan dan kesembilan.

Kedua pemain yang memenangi 11 Ballon d’Or dalam 12 tahun terakhir ini tidak terlalu bersinar saat masih remaja. Messi yang baru muncul di Barcelona hanya mencetak 51 gol dalam 140 laga bersama klub dan timnas Argentina sebelum genap 21 tahun.

Sementara itu, Ronaldo yang bergabung dengan Manchester United di usia 18, bahkan lebih lambat lagi startnya dengan hanya mencetak 36 gol dalam 182 laga bersama klub dan timnas Portugal hingga jelang ulang tahun ke-21.

R
Penulis
Rijal Al Furqon