news
INFOGRAFIS
INFOGRAFIS: Hanya Dua Kali Madrid Menyalip Barcelona
22 May 2020 15:02 WIB
berita
Penyerang Real Madrid, Karim Benzema dan bintang Barcelona, Lionel Messi -Topskor/Grafis: Triyadi
MADRID – Barcelona dan Real Madrid akan tancap gas ketika La Liga kembali bergulir pada Juni nanti. Persaingan kedua klub ini memang sangat ketat di papan atas kompetisi 2019/20.

Barcelona untuk sementara memimpin di posisi pertama dengan meraih 58 poin hingga pekan ke-17 setelah kompetisi dihentikan karena virus corona. Sedangkan Madrid pada pekan yang sama meraih 56 poin.




Baca Juga :
- Meski Digabungkan, Total Rekor Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Masih Kalah dari Jadon Sancho
- Inilah 6 Pemain Cadangan Terbaik di La Liga Musim Ini, 2 dari Barcelona


Dengan demikian, dalam sisa 11 laga yang masih harus dimainkan, perbedaan keduanya hanya dua poin. Sedangkan di posisi ketiga, ada Sevilla namun poin tim asuhan Julen Lopetegui ini hanya 47 poin. Mereka akan bertarung untuk mengamankan posisi tiket Liga Champions.

Apalagi, Sevilla hanya unggul satu poin atas Real Sociedad yang ada di peringkat ketempat dengan 46 poin. Karena itu, persaingan dalam meraih gelar La Liga musim ini tampaknya hanya akan terjadi antara Barcelona dan Madrid.


Baca Juga :
- Juan Pizzi: Lautaro dan Haaland Prototipe Striker Masa Depan
- Si Monyet Burgos Melompat Lebih Tinggi, Meninggalkan Simeone


Mampukah Barcelona mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen, atau justru Madrid yang akan menyalip memanfaatkan 11 pertandingan terakhir nanti? Bagi pelatih Madrid, Zinedine Zidane, ini menjadi tantangan yang berat dan sulit.

Faktanya, melihat trek record dalam 10 musim terakhir sebelumnya, ketika kompetisi menyisakan 11 pertandingan, hanya dua kali Madrid mampu menyalip Barcelona. Momen itu terjadi pada 2015/16 dan 2010/11.

Saat itu, pada 2015/16 Madrid berhasil tancap gas dengan meraih 33 poin dari 11 pertandingan atau meraih semua kemungkinan poin yang tersedia. Sedangkan saat itu, Barcelona hanya meraih 22 poin. Dengan demikian, Madrid pun berhasil merebut posisi puncak klasemen dari Los Azulgrana.

Sedangkan pada 2010/11, Los Merengues hanya meraih 25 poin tapi dengan jumlah itu pun mereka tetap mampu menurunkan Barcelona dari puncak klasemen karena klub asal Katalunya tersebut hanya meraih 22 poin pula.

Ya, itulah dua musim ketika Madrid berhasil mengalahkan Barcelona dalam persaingan pada 10 musim terakhir. Selebihnya, ada enam musim ketika Barcelona tetap kokoh di puncak klasemen.

Musim lalu contohnya, posisi Madrid jelang 11 pekan terakhir memang ada di peringkat ketiga sedangkan Barcelona di posisi pertama. Madrid kemudian hanya meraih 17 poin dari 11 laga sisa tersebut sedangkan Barcelona 24 poin.

Begitupun dengan 2017/18, Madrid tidak dapat menggusur Barcelona di puncak klasemen. Sedangkan ada dua musim ketika Madrid memang sudah berada di puncak klasemen dan tidak terkejar oleh Barcelona. Itu terjadi pada 2016/17 dan 2011/12.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat