news
FORMULA 1
Jika Tak Kompetitif, Fernando Alonso Tak Akan Kembali ke Renault
21 May 2020 15:20 WIB
berita
Foto: Autosport
LONDON - Juara dunia Formula 1, Jenson Button, mengungkapkan bahwa Fernando Alonso tak akan kembali ke Renault, jika tim asal Prancis tersebut tidak kompetitif di musim 2021.

Efek domino ditimbulkan oleh keputusan hengkangnya Sebastian Vettel dari Ferrari di akhir musim 2020. Untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan pembalap asal Jerman tersebut, Ferrari merekrut Carlos Sainz Jr dari McLaren.




Baca Juga :
- Naksir Berat dengan Sebastian Vettel, tapi Bos Mercedes Tak Berani Ganti Pembalap
- Tim Super Berisi Vettel-Hamilton Bagus untuk Formula 1


McLaren yang kehilangan jasa Carlos Sainz kemudian mendatangkan Daniel Ricciardo dari Renault. Lantas sekarang kursi kosong ada di Renault, mengingat pembalap pabrikan asal Prancis tersebut hanya menyisakan Esteban Ocon sebagai pembalap utama.

Jadilah muncul wacana bahwa Fernando Alonso akan mengisi kursi tersebut. Fernando Alonso memang selalu dirumorkan akan kembali ke Formula 1, setelah di akhir musim 2018 memutuskan untuk mengakhiri karirnya sebagai pembalap jet darat.


Baca Juga :
- Button Menilai Melepas Sebastian Vettel dari Tim adalah Keputusan yang "Gila"
- Balapan Pertama Formula 1 Pascapandemi Diprediksi Bakal Berantakan dan Ekstrem


Akan tetapi, menurut Jenson Button, yang sempat menjadi rekan setim Alonso di McLaren, mengatakan bahwa pembalap asal Spanyol tersebut tidak akan kembali ke Renault jika tim tersebut tidak kompetitif di musim 2021.

“Jika Renault bisa mendekatkan diri ke papan atas di 2021 dan 2022, kemudian ada kesempatan untuk merebut podium dan bahkan meraih kemenangan, dia (Alonso) akan mengambil kesempatan itu (kembali ke F1),” tutur Button.

“Tapi, saya pikir ini akan menjadi proses yang lebih panjang dari apa yang dibayangkan. Fernando adalah orang yang selalu mengambil kesempatan yang ada.  Jika bisa bergabung dengan tim top 3, mungkin dia akan ambil kesempatan itu ketimbang bergabung dengan Renault,” tambahnya.

Fernando Alonso sendiri merupakan juara dunia Formula 1 sebanyak 2 kali. Ia menjadi juara dunia di musim 2005 dan 2006, bersama Renault.

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah