news
LIGA INGGRIS
Terungkap! Van Dijk Ternyata Pernah Nyaris Gabung City, Namun Batal Karena Ini
20 May 2020 07:17 WIB
berita
Laga melawan Inter pada 2015 dinilai menjadi biang kegagalan Van Dijk ke City.-TopSkor.Id/Istimewa-
MANCHESTER - Pemain bintang Liverpool FC, Virgil van Dijk disebut-sebut sebagai salah satu bek tengah di dunia saat ini. Itu terbukti dengan penampilan yang ia tunjukan selama membela The Reds sejak Januari 2018.

Penampilan impresifnya, baik itu bersama Liverpool maupun tim nasional Belanda, tampak sepadan dengan uang 75 juta pound sterling yang dikeluarkan Liverpool ketika merekrutnya dari Southampton FC dua tahun lalu.




Baca Juga :
- Tinggalkan Arsenal, Ozil Pertimbangkan ke AS atau Turki
- Pasrah! Geoffrey Castillion Tak Ingin Mundur dari Persib Bandung


Namun siapa yang menyangka, bahwa sebelum hijrah ke Southampton pada 2015, Van Dijk ternyata nyaris bergabung dengan Manchester City. Hal ini diungkapkan oleh mantan pelatih Van Dijk di Celtic FC, Ronny Deila.

Kepada The Sun, juru taktik asal Norwegia tersebut bahwa kepindahan Van Dijk ke City tak terealisasi lantaran ia tak pernah bermain baik di kompetisi Eropa, bahkan cenderung buruk. Salah satunya adalah ketika Celtic menghadapi FC Internazionale MIlano dalam leg kedua fase 32 besar Europa League pada Februari 2015.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Guardiola Puji David Silva Setinggi Langit karena Assistnya
- City Menggila! Gilas Newcastle Lima Gol tanpa Balas


Pada saat itu, Celtic kalah 0-1 di Giuseppe Meazza dan tersingkir dengan agregat 3-4, serta Van Dijk mendapatkan kartu merah di menit ke-36.

"Apakah saya berkomunikasi dengan City (soal Van Dijk)? Iya. Saya katakan kepada mereka untuk membawanya. Mereka bilang: 'oke', katakan pertandingan Eropa terbaik yang ia telah mainkan dan kami akan menyaksikannya," tutur Deila kepada The Sun.

"Saya tidak bisa mengatakan kepada mereka pertandingan yang mana karena dia tidak pernah memainkan pertandingan Eropa dengan benar-benar bagus. Dia sangat dominan di Skotlandia tetapi mendapatkan kartu merah ketika laga tandang melawan Inter.

"Itu merupakan ujian terbesar. Saya pikir jika dia bermain luar biasa di pertandingan itu (melawan Inter), dia akan dibeli. Saya kira klub-klub besar berpikir bahwa Liga Skotlandia levelnya terlalu di bawah dan mereka tidak mau mengambil kesempatan untuk merekrut pemain di sana.

"Di Eropa, Anda bisa menunjukan sehebat apa Anda. Saya pikir Van Dijk hebat, tetapi tidak pernah bermain benar-benar bagus di pertandingan berskala Eropa," Deila menambahkan,

Jelas laga melawan Inter adalah sebuah kesialan dan membuat peluang Van Dijk berlabuh ke City tertutup. Namun sesungguhnya pemain 28 tahun itu tak perlu menyesal jika melihat situasinya berjalan seperti sekarang. 

Dia memenangkan Liga Champions bersama Liverpool musim lalu, dan sekarang berada di ambang juara Premier League untuk pertama kalinya dalam karier profesionalnya.

 

I
Penulis
Igor Hakim