news
INFOGRAFIS
INFOGRAFIS: Youtuber, Profesi yang Banyak Diminati Pesepak Bola Indonesia
19 May 2020 23:26 WIB
berita
SELAMA pandemi virus corona ini kompetisi sepak bola di Indonesia tidak bergulir. Pemain pun hanya berlatih di rumah, tidak ada latihan di lapangan.

Semua demi mematuhi peraturan pemerintah untuk tetap di rumah, demi menghindari penyebaran virus corona.




Baca Juga :
- Ketum PSSI Membenarkan Kabar soal Gaji Shin Tae-yong yang Dipotong 50 Persen
- Liga 1 Segera Bergulir, Pelatih PSS Sleman Ingatkan Satu Hal Penting kepada PSSI


Alhasil, setelah menjalani latihan mandiri di rumah sebagai kewajiban seorang pemain, masih banyak waktu lowong tersisa.

Di antara aktivitas yang mereka lakukan untuk mengisi waktu adalah menjadi Youtuber. Wajar, karena selain untuk mengekspresikan diri, kanal Youtube bisa di-monetize untuk mendapatkan gaji dari Youtube.


Baca Juga :
- PSSI Sudah Bukukan Protap Kesehatan, Kompetisi Kembali Bergulir Kian Nyata
- Belum Ketuk Palu, Rapat Exco Kunci Kelanjutan Kompetisi


Yang menarik, tema video yang mereka unggah tidak melulu soal sepak bola. Hamka Hamzah, misalnya. Di kanal Youtube-nya, Hamka Story 23, juga banyak mengunggah permainan PUBG, kuliner, hingga wawancara dengan musisi Ryan D’Masiv.

Meskipun, tema-tema soal sepak bola tetap mendominasi. Hamka juga merupakan salah satu pesepak bola Indonesia dengan subscriber Youtube terbanyak yakni mencapai 152 ribu. Bek Persita Tangerang ini juga cukup rajin membuat video baru.

Yang juga menarik perhatian, terutama untuk kaum Adam, adalah kanal Youtube pesepak bola putri Zahra Muzdalifah.

Dengan jumlah subscriber mencapai 59 ribu lebih, Zahra bahkan melewati jumlah sang legenda Bambang Pamungkas yang baru memiliki 56 ribu subscriber.

Kanal Youtube Zahra, Zahmuz Official, di antaranya berisi tutorial masak, Q&A atau tanya jawab, kuliner, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain.

Videonya yang paling populer berjudul “Ngintip Zahra Mandi di Pantai Takari” yang diunggah tiga bulan lalu, ditonton lebih dari 324 ribu kali.

Kanal Youtube Bepe, sapaan Bambang Pamungkas, bertajuk BEPE20 Channel, bahkan diisi mayoritas video wisata kuliner.

Dan kini di masa pandemi semakin banyak pemain yang membuka kanal Youtube. Bahkan dua pemain yang digilai kaum hawa, Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah, berduet di kanal Youtube Hanif & Rendy Show.

Sontak, baru dua minggu berjalan dan baru mengunggah lima video, Hanif & Rendy Show sudah mendapatkan hampir 8.300 subscriber.

Ya, pemain sepak bola juga manusia biasa yang punya kehidupan lain. Dengan diunggah di Youtube, mereka tidak hanya berbagi kesenangan dengan para penggemar. Melainkan juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.*05    

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id