news
BULUTANGKIS
Richard Mainaky Ungkapkan Tontowi Ahmad Sudah Lama Ingin Pensiun
18 May 2020 17:03 WIB
berita
Tontowi Ahmad menggendong putranya sambil membimbingnya untuk melambaikan tangan ke penonton / Foto: Topskor.id / Jessica Margaretha
JAKARTA – Pensiun menjadi momen berat bagi sebagian atlet. Hal inilah yang tampaknya dirasakan Tontowi Ahmad sebelum mengakhiri karier sebagai pebulu tangkis pada Senin (18/5/2020).

Pelatih ganda campuran pelatnas PBSI, Richard Mainaky, mengungkapkan, Tontowi Ahmad sejatinya telah lama berencana pensiun.




Baca Juga :
- BWF Revisi Peraturan Kualifikasi Cabang Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo
- Praveen Jordan: Tontowi Ahmad Itu Sosok yang Rendah Hati dan Haus Gelar


“Wacana pensiun memang sudah cukup lama. Owi (sapaan akrab Tontowi Ahmad) bertukar pikiran dengan saya. Saya bilang keputusan ada di tangannya,” ujar Richard Mainaky seperti dikutip dari Skor.id.

“Harus dipikir matang-matang. Kalau sudah yakin dan bulat dengan wacana pensiun, ya harus berikan surat mundur ke PBSI,” Richard Mainaky menambahkan.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Torehan Greysia Polii pada Sektor Ganda Putri bersama Lima Partnernya
- Sony Dwi Kuncoro dan Ricky Karanda Soroti PBSI soal Sistem Degradasi di Pelatnas


“Dan hari ini, Owi tadi pagi mengirim pesan kepada saya melalui Whatsapp dan mengatakan sudah memberikan surat resmi pensiun ke PBSI.”

Dalam kesempatan ini, Richard Mainaky menyebut keputusan Tontowi Ahmad untuk pensiun adalah hal yang pasti akan terjadi dan dialami oleh setiap atlet.

Atlet memiliki masa alias waktunya masing-masing, sebelum akhirnya pensiun. Kejayaan tak bisa berlangsung terus-menerus.

“Selalu begitu. Begitu berprestasi dan jadi pemain senior, ada masa pensiun dan pindah ke generasi baru,” kata Richard Mainaky.

Seperti diberitakan, peraih medali emas nomor ganda campuran Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Tontowi Ahmad akhirnya resmi pamit dari bulu tangkis.

Hal itu diumumkan Owi melalui akun Instagram-nya pada Senin (18/5/2020) pagi. Sebenarnya, rencana pensiun Owi sudah merebak sejak Maret.

Saat itu, ia mengirimkan surat pengunduran diri dari Pusat Pelatihan Nasional (Pelatnas) kepada Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI).

Owi memutuskan pensiun setelah lebih dari satu tahun berpisah dengan Liliyana Natsir, yang lebih dulu memutuskan gantung raket pada Januari 2019.

Bersama Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad sukses meraih segudang prestasi. Salah satunya meraih medali emas pada Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016.

Setelah Liliyana Natsir pensiun, Owi sempat dipasangkan dengan sejumlah pemain putri untuk bermain pada nomor ganda campuran.

Winny Oktavina Kandow dan Apriyani Rahayu sempat dijajal untuk dipasangkan dengan sosok pria 32 tahun tersebut.

Akan tetapi, hasilnya terbilang kurang memuaskan. Tontowi Ahmad belum mampu bangkit dan kerap tersingkir pada babak awal turnamen.

Sama seperti Liliyana Natsir, Indonesia Masters juga menjadi turnamen terakhir yang dilakoni Tontowi Ahmad sebagai pemain bulu tangkis profesional.

Berpasangan dengan Apriyani Rahayu, langkah Tontowi Ahmad pada Indonesia Masters 2020 terhenti di tangan Chris Adcock/Gabrielle Adcock (Inggris) pada 16 besar.

Sejak pensiunnya Liliyana Natsir pada awal 2019, prestasi Tontowi Ahmad memang menurun tajam.

Tontowi Ahmad sebenarnya berharap bisa pensiun dengan menjadi finalis seperti yang dilakukan Liliyana Natsir di Indonesia Masters 2019. Namun, kata dia, dalam kehidupan tak semuanya bisa berjalan sesuai rencana.*Skor.id/Muhammad Ramdan/05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id