news
UMUM
Kisah Foto Keluarga di Locker Room Timnas U-16 Saat Tampil di Piala AFF U-15 2019 Thailand
22 April 2020 21:07 WIB
berita
M Valeroen (kiri) dalam sesi latihan timnas U-16 beberapa waktu lalu - Foto : Topskor.id / Ady Sesotya
JAKARTA - Salah satu gelandang serang timnas Indonesia U-16 Muhammad Valeroen, menceritakan kisah haru jelang tampil di kejuaraan Piala AFF U-15 di Chonburi, Thailand 2019 lalu.

Kala itu, tak sedikit yang meragukan bahwa timnas U-16 asuhan Bima Sakti itu bakal tampil apik dan melenggang jauh.




Baca Juga :
- Latihan Timnas Indonesia U-16 Berlangsung Tertutup Demi Kesehatan dan Keselamatan
- TC Terbuka atau Tertutup? Begini Penjelasan Pelatih Timnas Indonesia U-16


Apalagi, Indonesia saat itu berada di grup yang cukup berat yakni bersama Vietnam, Myanmar, Singapura, Filipina, dan Timor Leste, tim yang sudah jauh berkembang.

Terlebih lagi, sebelum mengikuti turnamen, timnas U-16 beberapa kali menelan kekalahan dalam partai uji coba dan tidak menunjukkan performa yang menjanjikan. saat


Baca Juga :
- Siap Mulai TC, Begini Rencana Uji Coba Timnas U-16
- Selama di Hotel, Aktivitas Pemain Timnas U-16 Dijaga Ketat Tim Khusus


Tapi dengan tekad, semangat, dan kebersamaan yang kuat, Marselino dan kawan-kawan berhasil menjawab kritikan dengan cara berkelas.

Ada satu rahasia di balik performa memukau pasukan Garuda Muda kala itu. Valeroen menceritakan, tanpa sepengetahuan pemain, sebelum pertandingan, ofisial tim menaruh foto keluarga masing-masing di balik kostum tanding para pemain yang tertata rapi.

Hal itu lantas membuat para pemain terharu, ada yang menangis, tapi itu justru memantik memotivasi para pemain untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga dan negara.

"Itu adalah salah satu momen paling mengejutkan dan haru saat di timnas. Saat kami mau pakai kostum, di balik setiap kostum tanding ada foto orang tua kita masing-masing. Itu menambah motivasi kami di lapangan," kata Valeroen.

"Coach Bima berpesan saat itu, untuk selalu mengingat keluarga, khususnya orangtua yang telah berjuang buat kita sampai bisa sejauh ini. Dan pada akhirnya kami buktikan di lapangan," pemain yang kini memperkuat Persib Bandung U-16 itu menambahkan.

Secara mengejutkan, Indonesia berhasil mengawali langkah di Piala AFF U-15 dengan kemenangan. Lawan yang dikalahkan dalam laga pembuka adalah salah satu unggulan yakni Vietnam dengan skor 2-0.

Valeroen menjadi pencetak gol pembuka timnas di kejuaraan itu pada menit akhir babak pertama. Satu gol lainnya dicetak oleh Marselino Ferdinan ketika laga baru berjalan enam menit babak kedua.

Setelah itu Indonesia meraih kemenangan-kemenangan berikutnya. Timnas hanya ditahan Timor Leste pada laga ketiga. Mengumpulkan 13 poin, timnas U-16 tampil sebagai juara Grup A di atas Vietnam.

Sayang, langkah Indonesia terhenti di semifinal setelah takluk 0-2 dari tuan rumah Thailand. Indonesia pulang dengan status peringkat ketiga setelah mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti.

Valeroen mengatakan, laga melawan Vietnam dalam laga pembuka jadi salah satu pertandingan yang akan selalu ia kenang sepanjang kariernya nanti.

"Perasaannya campur aduk, sedih, senang, haru, dan bangga. Karena waktu itu sebelum Vietnam, banyak orang yang meragukan kami. Tapi akhirnya teman-teman membuktikan dan kami menang 2-0 atas Vietnam," kata Valeroen.*05

news
Penulis
Furqon Al Fauzi
For me, Everyday it's a Game Day....