news
UMUM
Sejumlah Klub Mengubah Logo sebagai Kampanye Perangi Virus Corona
01 April 2020 07:11 WIB
berita
Melalui logo klub melakukan kampanye perang terhadap virus corona/ Foto-foto dari Instagram
JAKARTA -- Wabah Covid-19 alias virus Corona benar-benar menjadi momok di berbagai belahan dunia saat ini. Dari dunia si kulir bundar, ada banyak cara yang dilakukan oleh klub-klub untuk mengkampanyekan perang terhadap virus corona ini.

Salah satunya adalah dengan kampanye dari logo klub dengan sedikit merubahnya. Perubahan ini tentu hanya sementara saja sifatnya. Jadi jangan salah sangka logo klub berubah permanen.

Tujuan yang tersirat adalah pentingnya social distancing atau physcal distancing  untuk menekan penularan Covid-19 bagi semua kalangan. Di Indonesia, tim Liga 1, Persela Lamongan melakukan dengan ide yang kreatif. Ikan bandeng dan lele yang ada pada logo Persela dibuat keluar dari perisai yang ada. Ini sebagai kampanye menjaga jarak selama wabah Corona.




Baca Juga :
- Tiba di Indonesia, Shin Taeyong dan Staf dari Korsel Jalani Isolasi Mandiri Selama 14 Hari
- Liga 2 Dibagi Empat Grup, PSCS Dukung Opsi dari PSSI


“Kita Physical Distance dulu ya! Enggak lama kok, cuman harus saling nguatin antara aku sama kamu. Biar badai ini cepet berlalu”. Demikian tertulis keterangan pada postingan kreasi logo Persela ini.

Ide kreatif ini langsung mendapatkan respons bagus dari warganet. Sejumlah warganet lainnya juga memberikan acungan jempol pada ide ini karena dinilai tidak merusak kesakralan logo namun menghadirkan pesan positif untuk memerangi wabah corona yang tengah jadi sorotan dunia.


Baca Juga :
- Malam Ini Exco PSSI Menggelar Rapat, Kompetisi Dilanjutkan Semakin Kuat
- Rapat PSSI Berisi Masukan, Ini Usulan PSM Terkait Wacana Dilanjutkannya Liga 1 2020


Sedangkan PSM Makassar bermain dengan gambar kapal pinisi pada logonya yang sudah bergeser sedikit keluar dari perisainya. Ini mengkampanyekan agar siapapun itu untuk jangan pulang kampung dulu guna mengurangi risiko penularan Covid-19.

Postingan ini mendapat banyak respons postif dari warganet yang juga memberikan dukungannya untuk memerangi wabah virus corona.

Ada juga Tira Persikabo yang menggeser gambar kujang pada logonya yang juga membawa pesan social distancing atau physical distancing. Sedangkan klub Liga 2, PSCS Cilacap juga melakukan kampanye yang sama.

Gambar bunga Wijayakusuma sementara dibuat terpisah dengan perisainya. Ini menghadirkan pesan yang sama yakni pentingnya social distancing atau physical distancing saat ini.

Hal serupa juga dilakukan oleh klub raksasa Italia, AC Milan. Pada akun Instagram resmi klub, logo khas AC Milan berpisah menjadi tiga bagian yakni hitam, merah dan putih.

Demikian pula tim asal Spanyol, Valencia yang berkampanye melalui sedikit ubahan pada bola di logo klub. Ini ditambah dengan keterangan hastag Este Virus Lo Paramos Unidos yang artinya Kita Hentikan Virus Bersama-sama.

news
Penulis
Sri Nugroho
Penulis adalah penggila sepak bola nasional dan seorang Milanisti. Fotografi dan dunia olahraga menjadi teman keseharian. Penulis juga pecinta kucing dan ikan koi.