news
LIGA INTERNASIONAL
Virus Corona Mengubah Sepak Bola
31 March 2020 16:30 WIB
berita
Liga elite di Eropa ditangguhkan hingga batas waktu tak tertentu/TopSkor-AFP
MADRID - Sepak bola tidak akan terlepas dari pandemi virus corona. Penangguhan kompetisi di seluruh dunia akan memiliki implikasi keuangan besar bagi klub, pemain, dan pelatih. 

UEFA telah menunda Euro 2020 hingga 2021, sementara tidak ada tanggal yang ditentukan untuk putaran final Liga Champions atau Liga Eropa.




Baca Juga :
- Sejarah LaLiga Pekan Ini: Empat Gol Negredo ke Gawang Calon Klub Hingga Malam Indah Barca di Berlin
- Bocoran Jersey Kandang Madrid Tak Disukai Fan, Garis Merah Muda di Lengan Dibandingkan dengan Tiger King


"Tidak ada yang akan kembali seperti sebelumnya," kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

Tidak menyelesaikan musim saat ini akan menyebabkan klub dan liga terancam gulung tikar. Tak ada pemasukan dari sponsor, gaji pemain dan staf bisa 'kedekeran'.


Baca Juga :
- Meniru Ide Barcelona, Sriwijaya FC Jual 5.000 Masker Keren
- HUT Persebaya Usung Tema #Kan93n


Diperkirakan 700 juta euro akan hilang di Spanyol dan tujuh miliar euro di seluruh Eropa karena kurangnya pendapatan dari hak siar TV dan kesepakatan sponsor.

Kemungkinan untuk membatalkan sisa musim ini menjadi kenyataan di Italia, Belanda dan sekarang Spanyol. Beberapa pemain akan dipangkas gajinya atau dibatalkan sama sekali selama waktu ketika sepak bola tidak dimainkan.

Di pasar transfer, tidak akan ada perputaran yang signifikan. Berarti nilai jual pemain akan turun.

Menurut CIES Football Observatory, Paul Pogba, yang kontraknya berakhir pada 2021, sekarang akan bernilai 35 juta euro. Hazard yang sudah ada akan bernilai 65 juta euro daripada 100 juta euro ketika Real Madrid membelinya pada musim panas ini.

Penundaan Euro 2020 telah membuka pintu bagi liga untuk diselesaikan pada musim panas. Tetapi, bahkan dengan jendela ini tersedia, tampaknya tidak mungkin sepak bola akan kembali lebih cepat daripada nanti.

UEFA sadar bahwa Liga Champions mungkin harus dibatalkan musim ini jika liga domestik akan menyelesaikan pertandingan mereka.

Badan pengatur sepak bola dunia sedang mengerjakan solusi untuk semua masalah ini. Hanya waktu yang akan mengatakan seberapa besar dampak COVID-19 terhadap olahraga.*Suryansyah

news
Penulis
Suryansyah