news
LIGA INGGRIS
Liverpool Akan Jadikan Saka Pesaing Robertson
29 March 2020 18:46 WIB
berita
Bek Arsenal, Bukayo Saka, dalam bidikan Liverpool -TopSkor/istimewa
LIVERPOOL – Andy Robertson menjadi bagian penting dari sukses Liverpool dalam dua musim terakhir. Bintang 26 tahun ini bek kiri yang tidak tergantikan dan menjadi nyawa The Reds dalam bertahan dan menambah daya serang dari sisi lapangan.

Mantan pemain Hull City tersebut merupakan penemuan yang berharga karena sebelumnya, The Reds kesulitan mencari pemain yang tepat di posisi tersebut. Ketika Liverpool juara Liga Champions pada 2004/05 di bawah asuhan Rafael Benitez, ada sosok Djimi Traore di bek kiri. Setelah itu, Liverpool pun mendatangkan sejumlah pemain seperti Emiliano Insua, Andrea Dossena, hingga Alberto Moreno.




Baca Juga :
- Khawatirkan Risiko Cedera, Chelsea Usulkan Penambahan Jumlah Cadangan Jadi 9 Pemain
- Klopp: Kami Akan Adakan Parade Juara jika Memang Kami Berhasil Meraih Gelar Liga Primer


Moreno sempat menjadi pilihan di posisi tersebut tapi dinilai tidak benar-benar mampu mengunci posisi tersebut untuk dirinya. Bahkan, dia sempat harus bersaing dengan James Milner, pemain senior yang posisi sebenarnya adalah gelandang. Hingga akhirnya, pada 2017 silam, datangkah Robertson.

Bersama Robertson di bek kiri, Liverpool meraih gelar Liga Champions pada musim lalu, Piala Super Eropa 2019, dan Piala Dunia Klub 2019. Robertson juga semakin melengkapi kekuatan bek yang mampu bertahan dan menyerang, Bersama Trent Alexander-Arnold di posisi bek kanan.


Baca Juga :
- Peluang Lima Gelandang MU ketika Liga Primer Kembali Bergulir
- Steve Bruce, Gol Penentu Gelar hingga Membersihkan Air Kotoran Tinja di Ruang Ganti MU


Namun, tidak ada yang dapat menggantikan peran Anderson. Selama ini, pelatih Juergen Klopp masih mengandalkan Milner, pemain yang sudah 34 tahun dan itu merupakan situasi yang tidak ideal. Musim depan, Milner akan menghadapi tantangan yang lebih berat terkait kondisi fisiknya.

Karena itu, wajar jika kemudian Liverpool masih menempatkan pemain muda Arsenal, Bukayo Saka sebagai target mereka dalam bursa transfer. Usianya masih 18 tahun namun performanya menarik perhatian The Reds. Musim ini, Saka yang promosi ke tim senior pada 2018/19 tampil dalam 17 laga Liga Primer.

Saka tampil dalam 28 pertandingan dan mencetak tiga gol (1 Piala FA dan 2 di Liga Europa). Ketertarikan klub besar seperti Liverpool terhadap Saka pun sudah diakui pelatih The Gunners, Mikel Arteta pada Februari lalu. Kontrak Saka memang akan berakhir pada musim depan karena itu Arteta berharap manajemen segera memberikan kontrak baru agar pemain ini tetap berada di Emirates.

“Prioritas saya untuk Saka adalah memberikannya kesempatan untuk terus berkembang. Dia sosok yang berani. Setiap kali dia melakukan tekanan, dia selalu memberikan masalah bagi pertahanan lawan,” kata Arteta.

Musim ini, Saka memiliki rasio yang tinggi dalam keterlibatan terciptanya gol Arsenal untuk ukuran bek kiri. Performanya dapat dibandingkan dengan bek kiri Manchester City, Oleksandr Zinchenko. Menurut data di Liverpool.com yang bersumber dari Craque Stats, Zinchenko memang memiliki keterlibatan tembakan mencapai 1,79 tembakan per laga (90 menit).

Sedangkan Saka hanya 1,45 tembakan per 90 menit. Meski demikian, rata-rata kemungkinan serangan Zinchenko dalam terciptanya gol hanya 5,2 persen. Bandingkan dengan Saka yang mencapai 17,9 persen.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat