news
LIGA TOPSKOR
Liga TopSkor U-12: ASIOP Punya Cara Tersendiri Atasi Dampak Corona
29 March 2020 15:40 WIB
berita
Foto tim ASIOP U-12 yang ikut serta di Liga TopSkor U-12 2019/20 - Dok. ASIOP
JAKARTA -- Pada periode pandemi corona seperti sekarang ini jelas mengganggu proses pertumbuhan para bibit pesepak bola di Indonesia. Untuk sementara waktu mereka kehilangan wadah berkompetisi. Seperti karena liburnya Liga TopSkor, demi mengantisipasi penyebaran virus.

Bahkan untuk kegiatan latihan pun juga terganggu. Sebab setiap orang harus menerapkan social distancing (pembatasan sosial). Meski begitu bagi ASIOP yang tergabung di Liga TopSkor U-12 2019/20, rupanya punya cara tersendiri untuk mengatasi dampak negatif dari pandemi corona saat ini.




Baca Juga :
- Viral! Video Masturbasi Kapten Timnas Rusia
- Direktur Teknik Garuda Select Dennis Wise Puji Kompetisi Liga TopSkor


Pelatih ASIOP, Aprial Rahman Saleh, menuturkan bahwa tim kepelatihan selalu memotivasi anak-anak didik di ASIOP dengan membagikan video. Rekaman diberikan tak hanya yang berisi mengenai aktivitas di lapangan seorang pemain profesional, tapi juga video yang mengajarkan kuat secara mental. 

"Kami (tim pelatih) juga mengirim video seperti bagaimana seharusnya kita dalam menghadapai situasi sulit, misal saat menerima kekalahan," kata Aprial. Dorongan perihal mental memang tak kalah pentingnya selain mengajarkan bagaimana hebat secara skill di atas lapangan hijau.


Baca Juga :
- Alexander Povetkin Terserang Virus Corona, Duel Ulang dengan Whyte Ditunda
- Kabar Buruk dari Manchester United, Alex Telles Dinyatakan Positif Terkena Virus Corona


Apalagi di kondisi yang ada saat ini, bibit-bibit pesepak bola yang masih sangat muda itu tentu memerlukan arahan dan suntikan semangat. "Kami selalu memotivasi anak-anak. Juga meminta mereka untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan istirahat yang cukup," kata Aprial melanjutkan.

Lebih lanjut pelatih yang akrab disapa Sinchan itu mengatakan kepada Skor.id bahwa perihal taktikal, tim kepelatihan selalu mengirimkan program latihan. Tiap harinya anak-anak menjalani program yang bervariasi dan melapor lewat video rekaman saat menjalani latihan yang diinstruksikan.

ASIOP memberikan libur latihan rutin mereka hingga 31 Maret 2020, namun masih bisa berubah melihat kondisi penyebaran virus corona di Jakarta. Di Liga TopSkor U-12 2019/20, ASIOP sudah menyelesaikan semua laga fase grup dan lolos delapan besar sebab menguni posisi dua klasemen Grup Skor.*03

T
Penulis
Taufani Rahmanda