news
LIGA SPANYOL
Raih Suara Terbanyak dari Suporter, Oblak Melebihi Semua Kiper Atletico
26 March 2020 21:01 WIB
berita
Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak, kunci sukses klubnya musim ini -TopSkor/istimewa
MADRID – Jan Oblak merupakan Kiper Terbaik Atletico Madrid sepanjang masa versi pendukung Los Rojiblancos. Pilihan kepada kiper asal Slovenia tersebut terlihat dari survei harian olahraga Spanyol, Marca. Oblak mendapatkan suara 78 persen dibandingkan dengan mantan penjaga gawang klub ini lainnya.

Persentase tersebut sangat jauh dibandingkan dengan suara fan yang diberikan kepada Thibaut Courtois (kini kiper Real Madrid), yang hanya mendapatkan 6 persen suara. Padahal, Courtois lah sosok yang berada di bawah mistar saat pasukan Diego Simeone meraih gelar La Liga pada 2013/14 lalu.




Baca Juga :
- Ketika Mendy Berhasil Mengalahkan Marcelo
- Madrid Harus Tunggu Mbappe hingga Juni 2021


Selain gelar La Liga, Courtois juga bagian penting ketika Atletico meraih gelar Piala Raja pada 2012/13 dan Liga Europa pada 2011/12. Walau saat itu kiper asal Belgia ini merupakan pemain pinjaman, namun perannya di bawah mistar sangat signifikan. Boleh jadi, pilihan ini juga dipengaruhi subyektivitas yang besar terkait status Courtois saat ini yang merupakan kiper utama Madrid.

Tapi, terlepas dari penilaian tersebut, Oblak memang pantas mendapatkan tempat terbaik dari penilaian supporter Atletico. Soal gelar, penjaga gawang 27 tahun ini membawa Los Rojiblancos meraih tiga gelar, termasuk satu gelar Liga Europa pada 2017/18. Di sisi lain, soal kemampuannya menjaga gawang Atletico, diperlihatkan dengan gelar individu, Kiper Terbaik La Liga alias Trofi Zamora sebanyak empat kali, termasuk musim lalu.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Ronaldo Kesulitan Cetak Gol Tendangan Bebas di Juve
- Ubah Teknik, Jumlah Gol Tendangan Bebas Ronaldo Malah Menurun


Musim ini, performa Oblak pun sangat mengesankan di bawah mistar. Meski Atletico saat ini sulit untuk kembali bersaing dalam meraih gelar La Liga, namun dia kunci sukses bagi Atletico melangkah ke perempat final Liga Champions setelah mengalahkan Liverpool dalam fase 16 besar.

Survei yang dibuat Marca sejak Selasa (24/3) lalu merangkum total 15.188 voter. Dalam survei tersebut, selain Oblak dan Courtois, ada sejumlah mantan kiper Atletico lainnya seperti Abel Resino yang juga mendapatkan 6 persen suara dari jumlah responden.

Resino merupakan kiper Atletico pada 1987-1995 dan di antaranya membawa Atletico juara Piala Raja dua kali (1990-1992). Lalu ada Jorge Molina, yang memperkuat Atletico pada 1995 hingga 2000.*Irfan Sudrajat

 

I
Penulis
Irfan Sudrajat
news
news