news
LIGA 1
Bek Legendaris Persib Puji Chemistry Nick Kuipers-Victor Igbonefo yang Saling Melengkapi
26 March 2020 19:20 WIB
berita
Suasana latihan pemain bertahan Persib beberapa waktu lalu/Foto:TopSkor/Arief Nugraha K
BANDUNG – Kekuatan lini belakang Persib Bandung musim ini diperkirakan bakal lebih  baik dibanding musim-musim sebelumnnya. Selain ditunjang pemain berkualitas dan  berpengalaman, juga didukung kedisplinan dari masing-masing individu.

Alhasil, dari segi kemasukan pada kompetisi Liga 1 2020, terbilang minim. Dari tiga kali tampil, baru kemasukan dua gol. Itu pun satu di antaranya dari titik penalti. Yakni saat melawat ke kandang Arema FC yang berakhir dengan kemenangan Persib, 2-1.




Baca Juga :
- Kalah dari Kerala India, Persib Gagal ke Perempat Final
- Pantauan Tim Medis, Kondisi Pemain Persib Bagus Selama Menjalani Latihan Mandiri


Sedangkan satu kebobolan lainnya terjadi saat menjamu PS Sleman. Ketika itu Maung Bandung juga menang 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat. Mantan stopper Persib Bandung,  Nana Supriatna, menilai lini belakang Persib saat ini cukup solid.

"Dari cara berkomunikasi, koordinasi dari laga awal hingga akhir sangat menonjol. Dan saya pikir, inilah kelebihan lini belakang Persib pada musim sekarang, " ujar Nana kepada TopSkor.id, Kamis (26/3).


Baca Juga :
- Melihat Karakter Arema dari Jejak Pemain Asing: Ngeyel ala Cile dan Stylish Brasil
- INFOGRAFIS: Enam Pemain Persib yang Selalu Tampil Penuh


Nana memaparkan, dua stopper Nick Kuipers dan Victor Igbonefo sudah bisa saling melengkapi. "Terutama Igbonefo, dengan pengalamannya selalu menjadi penenang pada saat Kuipers sedang emosional,” Nana mengungkapkan.

“Dan yang patut diacungi jempol karena pemain belakang sekarang jarang mendapat kartu yang tidak perlu," bek andalan Persib era 1990-an ini menambahkan. Nana pun tidak mengecilkan peran dua bek sayap Supardi Nasir dan Ardi Idrus di kanan maupun kiri.

"Kedua pemain inilah yang paling menunjang kuatnya pertahanan Persib sekarang ini. Mereka sebagai wing back selalu tampil rapi,” Nana menambahkan. Namun menurutnya,   jajaran pelatih tetap harus mengantisipasi sejak dini untuk alternatif jika ada bek inti yang absen.

“Itu kekhawatirannya. Pemain pelapis yang jarang diturunkan pasti akan berpengaruh pada keseimbangan tim. Tapi, semoga tidak terjadi ketimpangan walaupun pemain pelapis akan menjadi pemain pengganti suatu saat," ucapnya.

Sejauh ini pemain pelapis lini belakang Persib yang paling mumpuni hanya Fabiano Beltrame. Sedangkan Henhen Herdiana dan Zalnando setingkat di bawah Beltrame. Satu lagi masih terbilang “hijau”, yakni Mario Jardel.*Arief Nugraha K

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news