news
LIGA 1
Kim Jeffrey: Saya Terbuka Menerima Kritik dan Pujian
25 March 2020 10:15 WIB
berita
Gelandang Persib Kim Jeffrey Kurniawan baru merayakan ulang tahunnya yang ke-30/ Dokumentasi Kim Jeffrey
BANDUNG - Tidak banyak pesepak bola setangguh Kim Jeffrey Kurniawan. Cobaan berat datang silih berganti, mewarnai perjalanan prestasi adik ipar Irfan Bachdim ini.

Melebur dengan Persib Bandung pada 2016, di era pelatih kepala Dejan Antonic, pemain naturalisasi itu kurang mendapat simpati. Bahkan ketika menjadi starter, segelintir oknum bobotoh mendemonya.

"Sepak bola itu hidup saya. Pujian dan hinaan hal yang biasa. Pendapat orang negatif atau positif, juga hal yang normal di sepak bola," kata Kim.

Abai dengan persoalan di luar sepak bola adalah sikap Kim yang menonjol. Semata, demi sepak bola prestasi yang mengalir deras dalam jiwanya.

"Saya terbuka menerima kritik dan pujian. Buat saya kritik yang membangun itu lebih baik dibanding pujian, karena saya tahu masih jauh dari sempurna," ujar Kim dalam kesempatan berbincang dengan wartawan.

Kini, setelah benar-benar fresh, tidak terkendala cedera, kim menjelma jadi pemain utama. Pelatih Maung Bandung Robert Rene Alberts selalu menampilkannya sebagai starter di tiga laga kompetisi Liga 1 2020. Total 188 menit, ia mainkan musim ini.

"Tentu saya senang dengan kepercayaan pelatih di tiga laga yang sudah dimainkan Persib. Apalagi semua pertandingan berakhir dengan kemenangan," ujar pemain kelahiran Muehlacker, Jerman, 23 Maret 1990 itu.

Melanjutkan tren positif buat timnya, tentu harus ditunda. Karena wabah covid-19 masih merebak dan membuat hajatan Liga 1 tertunda tanpa batas waktu.

Tapi, dengan sikap profesionalnya, digaransi, kapan pun Liga 1 kembali bergulir, Kim bakal tampil kompetitif. Itu karena dia tidak besar kepala dan antusias menjadi bagian penting tim yang dibelanya.

"Saya berharap  bisa terus membangun chemistry yang bagus dalam tim. Dan mendukung siapapun yang main di laga wajib," ucap pemain yang mengawali karier sepak bolanya di Indonesia bersama Persema Malang itu.

"Kemauan pelatih dan strategi khususnya, harus bisa saya jalankan. Saya juga akan bangun atmosfer yang bagus di dalam tim untuk kebaikan bersama," ujar pemain yang didaratkan dari Persipasi Bandung Raya itu.* DANI WIHARA

R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news